Seperti dilansir dalam laman Kemendikbud, Kemendikbud menetapkan tema peringatan Hardiknas tahun 2024 adalah “Bergerak Bersama, Terus Merdeka Belajar”. Selain Hari Pendidikan Nasional, Mei 2024 juga telah ditetapkan sebagai Bulan Merdeka Belajar. Pada tanggal 2 Mei 2024, SMAN 1 SEYEGAN mengadakan upacara pengibaran bendera secara pribadi pada pukul 07:30 WIB. Upacara yang dihadiri oleh seluruh siswa, tenaga pendidik, dan dosen tersebut berakhir dengan sukses.

Bagaimana Hari Pendidikan Nasional dimulai?

Kritik Ki Hajar Dewantara pada pemerintah kolonial Belanda membuat dirinya harus diasingkan ke Belanda. Setelah menghabiskan waktu pengasingan, dirinya pun membuat Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan yang didirikan di Yogyakarta pada 3 Juli 1922. Berkat keberhasilannya dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia, Ki Hajar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan pada kemerdekaan Indonesia. Dirinya pun menjunjung tinggi filosofi pendidikan di Indonesia yakni, Tut Wuri Handayani atau di belakang memberi dorongan.

Filosofi tersebut kemudian digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Pada tanggal 26 April 1956, Ki Hajar Dewantara meninggal dunia dan meninggalnya beliau membuat seluruh bangsa Indonesia berduka. Sebagai pengakuan atas prestasinya di bidang pendidikan, pemerintah Indonesia menetapkan hari ulang tahunnya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Hari ini ditetapkan dengan Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959, 16 Desember 1959.
Walaupun Hari Pendidikan Nasional bukan merupakan hari libur nasional, namun Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas dalam bentuk upacara pengibaran bendera di berbagai lembaga pendidikan seperti PAUD, TK, SD, dan SMP, SMA.
Berikut Cuplikasi Pidato Mentri Pendidikan Bapak Nadim Makarim