Info PPDB REGULER 2020/2021
Berdasarkan Juknis NOMOR : 3196/KEPKA/2020 Tentang PPDB Online SMA/K 2020/2021

 

PERSYARATAN CALON PESERTA DIDIK

  1. Memiliki ijazah/STTB SMP/MTs/bentuk lain yang sederajat;
  2. Berusia setinggi-tingginya 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang dibuktikan dengan akta kelahiran/surat keterangan lahir; dan
  3. Memiliki nilai Rapor jenjang SMP/MTs 5 (lima) semester.

KETENTUAN PPDB ONLINE

A Jalur Zonasi

  1. Kuota paling sedikit 55% (lima puluh lima persen)
  2. Zonasi yang terbagi dalam Zona 1 (satu), Zona 2 (dua), Zona 3 (tiga), dan Zona 4 (empat).
  3. Penentuan Zonasi didasarkan pada wilayah administrasi kelurahan/desa dengan mempertimbangkan populasi lulusan SMP/MTs/bentuk lain yang sederajat.
  4. Domisili calon peserta didik sesuai Zonasi ditentukan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon peserta didik yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) orangtua/wali.
  5. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 6 bulan sebelum pendaftaran PPDB.
  6. Pilihan peminatan/kompetensi keahlian maksimal 3 (tiga) pilihan dalam sekolah yang sama dan/atau sekolah yang berbeda.
  7. Pilihan peminatan/kompetensi keahlian hanya diperbolehkan hanya dalam 1 (satu) jenis SMAN atau SMKN.
  8. Pilihan kompetensi keahlian untuk SMKN dilakukan pada awal pendaftaran PPDB.
  9. Pilihan sekolah dapat dalam 1 (satu) Zonasi dan/atau Zonasi yang berbeda.

B. JALUR AFIRMASI

  1. Daya tampung jalur afirmasi paling banyak 20%
  2. Peserta didik yang mengambil jalur afirmasi hanya dapat memilih sekolah di zona 1 (satu) di SMAN atau SMKN yang dituju.
  3. Calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Kabupaten/Kota.
  4. Orang Tua/Wali peserta didik wajib membuat surat keterangan yang menyatakan bersedia diproses secara hukum apabila terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu.
  5. Apabila peserta didik terbukti menggunakan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu palsu dan/atau dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan perolehannya, akan dikenakan sanksi dikeluarkan dari sekolah.
  6. Bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Kabupaten/Kota digunakan untuk mendapatkan rekomendasi dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten/Kota.
  7. Apabila kuota jalur afirmasi tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur zonasi.

Proses pengurusan rekomendasi dan entri bukti dari keluarga tidak mampu :

  1. Dilaksanakan secara daring/online melalui laman ppdb.jogjaprov.go.id
  2. Calon siswa memfoto/scan dokumen dalam bentuk file PDF dan kemudian diunggah/diupload dalam sistem Verifikasi Dokumen Jalur Afirmasi. Calon siswa memilih pranala proses pengurusan rekomendasi sesuai dengan domisili masing-masing.
    Dokumen yang diunggah adalah :
    1) Ijazah/Surat Keterangan Lulus; dan
    2) Bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga
    tidak mampu yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Kabupaten/Kota;
  3. Admin Panitia DIY akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh calon peserta didik.
  4. Calon peserta didik lulusan dalam DIY mengunduh dan mencetak hasil verifikasi berupa Surat Rekomendasi Jalur Afirmasi untuk disimpan dan digunakan pada masa pendaftaran ulang. Sementara bagi calon peserta didik lulusan luar DIY dan lulusan dalam DIY  sebelum tahun 2020, softcopy Surat Rekomendasi dilampirkan saat tahap input data calon peserta didik lulusan luar DIY dan calon peserta didik dalam DIY lulusan sebelum tahun 2020.

C. JALUR PERPINDAHAN TUGAS ORANG TUA/WALI

  1. Daya tampung 5%
  2. Perpindahan tugas sebagaimana dimaksud pada angka 2 dibuktikan dengan surat/keputusan perpindahan tugas dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
  3. Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali paling lama 3 (tiga) tahun terakhir sebelum pelaksanaan PPDB.
    Calon peserta didik yang memilih Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali tidak dapat menggunakan pilihan sekolah pada jalur lainnya.
  4. Apabila jalur perpindahan tugas orang tua/wali tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur zonasi.

Proses pengurusan rekomendasi perpindahan tugas orang tua/wali :

  1. Dilaksanakan secara daring/online melalui laman ppdb.jogjaprov.go.id
  2. Calon siswa memfoto/scan dokumen dalam bentuk file PDF dan kemudian diunggah/diupload dalam sistem Verifikasi Perpindahan Tugas Orangtua/Wali.
    Dokumen yang diunggah adalah:
    1) Ijazah/Surat Keterangan Lulus;
    2) Kartu Keluarga; dan
    3) Surat/keputusan perpindahan tugas dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan;
    4) Surat/Keputusan dari Pejabat Pembina Kepegawaian yang menyatakan guru tersebut bertugas di sekolah yang bersangkutan (khusus bagi anak guru).
  3. Admin Panitia DIY akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh calon peserta didik;
  4. Calon peserta didik lulusan dalam DIY mengunduh dan mencetak hasil verifikasi berupa Surat Rekomendasi Perpindahan Tugas Orangtua/Wali untuk disimpan dan digunakan pada masa pendaftaran ulang. Sementara bagi calon peserta didik lulusan luar DIY dan lulusan dalam DIY sebelum tahun 2020, softcopy Surat Rekomendasi dilampirkan saat tahap input data calon peserta didik lulusan luar DIY dan calon peserta didik dalam DIY lulusan sebelum tahun 2020.

D. JALUR PRESTASI

  1. Daya tampung Jalur Prestasi paling banyak 20% (dua puluh persen) dari daya tampung sekolah.
  2. Calon peserta didik SMAN yang masuk melalui Jalur Prestasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili di luar Zona 1 (satu).
  3. Prasyarat calon peserta didik pada Jalur Prestasi memiliki nilai gabungan paling sedikit 340 (tiga ratus empat puluh).
  4. Apabila jalur prestasi tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur zonasi.

PENAMBAHAN NILAI PRESTASI NON AKADEMIK

Proses penambahan nilai Prestasi Non Akademik :

  1. Dilaksanakan secara daring/online melalui laman ppdb.jogjaprov.go.id
  2. Calon pendaftar memfoto/scan dokumen sertifikat asli dalam bentuk file PDF dari hasil kejuaraan/lomba sebagaimana dalam lampiran 2 (dua) yang selanjutnya diunggah/diupload dalam sistem verifikasi dokumen
    prestasi PPDB.
  3. Admin panitia DIY akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh calon peserta didik;
  4. Calon peserta didik mencetak hasil verifikasi pengajuan penambahan nilai melalui prestasi non akademik berdasarkan hasil verifikasi dokumen yang diunggah.
  5. Calon peserta didik lulusan dalam DIY mengunduh dan mencetak hasil verifikasi berupa Surat Rekomendasi Penambahan Nilai Prestasi non Akademik untuk disimpan dan digunakan pada masa pendaftaran ulang. Sementara bagi calon peserta didik lulusan luar DIY dan lulusan dalam DIY sebelum tahun 2020, softcopy Surat Rekomendasi dilampirkan saat tahap input data calon peserta didik lulusan luar DIY dan calon peserta didik dalam DIY lulusan sebelum tahun 2020.
  6. Prestasi/penghargaan kejuaraan/lomba non akademik sebagaimana dimaksud dalam huruf E tersebut dalam lampiran 2 (dua).

WAKTU PELAKSANAAN :

NoKegiatanHari/ TglKeterangan
1Pengecekan data kependudukan calon peserta didik dan pengurusan data kependudukan yang bermasalahSelasa s.d. Jumat,
2 s.d 5 Juni 2020
(Jam Kerja)
Mengklarifikasi data domisili calon peserta didik melalui laman ppdb.jogjaprov.go.id
2Pengurusan penambahan nilai prestasi non akademik (bagi yang memiliki dan memilih Jalur
Prestasi dan Kelas Khusus Olahraga)
Selasa s.d. Jumat,
2 s.d 5 Juni 2020
(Jam Kerja)
Dilaksanakan secara daring/online di laman
ppdb.jogjaprov.go.id
3Pengurusan rekomendasi dan entri
bukti dari keluarga tidak mampu (Khusus Jalur Afirmasi) dan calon peserta didik dari luar DIY
Selasa s.d. Jumat,
2 s.d. 5 Juni 2020
(Jam Kerja)
Dilaksanakan secara
daring/online di laman
ppdb.jogjaprov.go.id
4Pengurusan rekomendasi perpindahan tugas orangtua (Khusus Jalur Perpindahan Tugas Orangtua/Wali)Selasa s.d. Jumat,
2 s.d. 5 Juni 2020
(Jam Kerja)
Dilaksanakan secara
daring/online di laman
ppdb.jogjaprov.go.id
5Input data calon peserta didik lulusan luar DIY dan calon peserta didik dalam DIY lulusan sebelum
tahun 2020
Senin s.d. Rabu,
11 s.d. 13 Juni 2020
(Jam Kerja)
Dilaksanakan secara
daring/online di laman
ppdb.jogjaprov.go.id
6Penyerahan hasil seleksi KKO, Sekolah Seni, dan InklusiSelambatlambatnya hari
Jumat, 19 Juni 2020 pukul 11.00 WIB
Diserahkan di Dinas Dikpora DIY Jl. Cendana No. 9 Yogyakarta
7Verifikasi berkas dan pengambilan PIN/TOKENSenin s.d Kamis, 22 s.d. 25 Juni 2020 Sampai pukul 14.30 WIB
  • Admin pelaksana di sekolah yang menjadi salah satu pilihan pendaftar.
  • Peserta didik lulusan Luar DIY admin pelaksana di Balai Dikmen Kab/Kota.
8PendaftaranSenin s.d. Rabu, 29 Juni s.d. 1 Juli 2020Pelayanan ditutup hari Rabu, tanggal 1 Juli 2020, pukul 16.00 WIB
9SeleksiSenin s.d. Kamis, 29 Juni s.d. 2 Juli 2020Seleksi oleh sistem
10PengumumanJumat, 3 Juli 2020Pukul 10.00 WIB di sekolah masing-masing
11Daftar UlangJumat, Senin, Selasa, dan Rabu, 3, 6, 7, dan 8 Juli
2020
Jumat pukul 10.00 – 14.00 WIB
Hari lain pukul 08.00 – 14.30 WIB di sekolah masing-masing


DAYA TAMPUNG : SMAN 1 SEYEGAN
Berdasarkan Juknis NOMOR : 3196/KEPKA/2020 Tentang PPDB Online SMA/K 2020/2021

JURUSANROMBELSISWA
IPA4144
IPS4144

 

ZONA 1 : SMAN 1 SEYEGAN
Berdasarkan Juknis NOMOR : 3196/KEPKA/2020 Tentang PPDB Online SMA/K 2020/2021

NOKECAMATANDESA
1SeyeganMargoagung
Margodadi
Margokaton
Margoluwih
Margomulyo
2TempelBanyuRejo
MargoRejo
MoroRejo
PondokRejo
SumberRejo
TambakRejo
3SlemanCaturHarjo
Triharjo
4MinggirSendangRejo
Sendangsari
5MlatiSumberadi
Tirtoadi
Tlogoadi

ZONA 2 : Dilaur Zona 1 dalam Kabupaten
ZONA 3 : Dilaur Zona 1 dan 2 dalam Provinsi / DIY
ZONA 4 : Luar DIY

ALUR PELAKSANAAN PPDB REGULER 2020/2021 :

LIHAT ALUR PPDB 2020

Ketentuan mengikuti Juknis dan Pergub mengenai PPDB 2020/2021 :

JUKNIS PPDB 2020  PERGUB 30 PPDB 2020