Minat dan bakat adalah dua hal yang saling berkaitan tetapi memiliki perbedaan. Namun terkadang, bisa saja seseorang keliru menjelaskan bahkan tidak tahu apa itu minat dan bakat dalam diri. minat yang dimiliki seseorang merupakan hasil dari proses pemikiran, emosi, serta pembelajaran sehingga menimbulkan suatu keinginan untuk mendalami objek atau
kegiatan tertentu.
Umumnya, minat seseorang akan mulai terlihat pada usia prasekolah sampai dengan usia sekolah. Di usia prasekolah, minat ditunjukkan dengan mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya dan memiliki inisiatif untuk mempelajari hal baru tersebut. Pengertian bakat Pengertian bakat menurut KBBI adalah kepandaian atau sifat yang sudah dibawa sejak seseorang itu lahir. Definisi lain dari bakat yaitu merujuk pada kemampuan bawaan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan tugas tertentu tanpa banyak bergantung pada upaya pembelajaran.
Meski bakat seseorang sifatnya bawaan, bakat merupakan potensi yang masih perlu dilatih dan dikembangkan. Umumnya, bakat dalam diri seseorang menurun dari satu keluarga atau berada dalam satu generasi. Dikarenakan bakat dibawa sejak lahir, maka bakat tersebut dapat terlihat sedari usia muda, sekitar 1-3 tahun.

Contoh minat

  1. Minat terhadap olahraga Minat terhadap olahraga ditunjukkan dengan rasa senang dan antusias untuk melakukan kegiatan olahraga tertentu. Misalnya bermain sepak bola, bulutangkis, berenang, hingga panjat tebing.
  2. Minat terhadap seni
    Minat dalam bidang seni ditandai dengan kecintaan individu dalam melakukan kegiatan seni seperti menggambar, melukis, mengukir, menari, akting, bermusik, dan lain sebagainya.
  3. Minat terhadap membaca
    Individu dengan minat tinggi terhadap membaca akan menikmati dan bersemangat ketika membaca buku, artikel, paper, majalah, dan bacaan lainnya. Mereka tertarik mencari informasi melalui kegiatan membaca.
  4. Minat terhadap teknologi
    Minat pada bidang teknologi terlihat dari keingintahuan besar dan antusiasme ketika mempelajari cara kerja sistem elektronik, aplikasi teknologi, hingga coding dan programmer.
  5. Minat terhadap jurnalistik
    Minat dalam bidang jurnalistik ditandai dengan kesenangan dalam mencari berita, meliput peristiwa, mewawancarai narasumber, sampai menulis dan memublikasikan berita yang dibuat.

Contoh bakat

  1. Bakat seni
    Bakat seni merujuk pada kemampuan seseorang di bidang seni seperti melukis, menari, memahat, dan lainnya. Mereka memiliki kemampuan bawaan dalam berkreasi seni tanpa banyak belajar.
  2. Bakat bahasa
    Bakat bahasa ditunjukkan dengan kemampuan menyerap bahasa asing dengan sangat cepat dan mampu menggunakannya secara fasih tanpa banyak kesulitan.
  3. Bakat matematika
    Bakat matematika terlihat dari kemampuan seseorang memahami konsep matematika dengan mudah dan mampu memecahkan permasalahan rumit dengan cepat. Logika dan nalar mereka sangat tinggi.
  4. Bakat olahraga
    Bakat olahraga ditunjukkan oleh gerak tubuh yang luwes serta penguasaan keterampilan tertentu di cabang olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, renang, bela diri dan lainnya.
  5. Bakat kepemimpinan
    Bakat kepemimpinan diekspresikan dengan kemampuan memengaruhi dan memotivasi orang lain hanya dengan kepribadian, tutur kata, serta gaya kepemimpinan yang dimiliki seseorang.
    Lalu bagaimana cara mengetahui bakat dan minat? Mengidentifikasi bakat dan minat dalam diri sedari dini merupakan hal penting dalam mendukung pengembangan potensinya.

Berikut beberapa cara mengetahui minat dan bakat yang bisa dicoba dilakukan.

  1. Perhatikan aktivitas: Ketika seseorang tertarik melakukan suatu aktivitas secara berulang-ulang dan dirinya selalu antusias, maka bisa jadi aktivitas tersebut adalah minat yang disukainya. Misalnya bermain musik, melukis, atau melakukan olahraga tertentu.
  2. Mengikuti tes minat dan bakat: Sudah mencoba sendiri melakukan identifikasi aktivitas dan talenta tapi masih belum yakin dengan minat dan bakat dalam diri, maka bisa mengikuti tes minat dan bakat bersertifikat. Nah melakukan tes bakat dan minat profesional yang banyak tersedia secara online atau offline adalah satu diantaranya. Tes ini dapat mengukur potensi seseorang dalam berbagai bidang sehingga dapat mengetahui minat dan bakat terpendamnya.
  3. Analisis mendalam sifat dan kepribadian: Sifat dan kepribadian seseorang juga menentukan minat dan bakatnya. Seseorang yang kreatif cenderung berminat di bidang seni, sedangkan yang detail fokus pada sains.

Analisis sifat dan kepribadian ini bisa dilakukan di lembaga profesional supaya mendapat hasil akurat, serta nantinya talenta tersebut bisa dilatih dengan baik. SMA Negeri 1 Seyegan memiliki program SBO yang memfasilitasi minat dan bakat dari peserta didik. Menurut Bapak Kepala Sekolah dengan adanya program SBO ini tentu tidak aka nada lagi Ikan yang diajari untuk dapat terbang dan burung yang dituntut untuk ahli dalam berenang. (kun_litbang)