SMA Negeri 1 Seyegan memiliki banyak potensi atlet dari berbagai cabor. Tidak terkecuali cabor atletik. Tercatat prestasi atlet atletik selain dalam ajang Kejurda, sebanyak tiga atlet SMA Negeri 1 Seyegan ikut terpilih menjadi delegasi Indonesia dalam ASEAN School Games (ASG) ke-13 Tahun 2024. Ajang bergengsi tingkat pelajar ini akan digelar di Da Nang Vietnam pada 31 Mei – 9 Juni 2024. Ada tiga nama yang akan mengharumkan nama sekolah, Alisa Nur Azizah, Mutiara Oktarani MA, dan Alexandra Clara Bella.

Besar harapan mereka akan meraih medali kebanggaan untuk Indonesia. Selain itu, langkah Mutiara, Bella dan Alisa dan bisa memotivasi yang lain bisa mengikuti berkiprah di tingkat internasional. Sementara itu Mutiara telah berangkat lebih dulu ke Pelatnas tiga bulan yang lalu. Dijadwalkan para atlet akan menjalani pemusatan latihan di PPOP DKI Jakartapada 25 – 30 Mei 2024. Mereka berangkat ke Vietnam pada 31 Mei 2024 dan bertanding 1- 8 Juni 2024. Sobat SMANSey mari kita doakan agar prestasi mereka dapat mengharumkan nama Indonesia di ajang pelajar ASEAN tersebut”, paparnya.

ASEAN School Games (ASG) dikenal juga dengan Youth SEA Games adalah pesta olahraga tahunan untuk sekolah-sekolah tinggi yang berada di kawasan Asia Tenggara. Event ini berada dibawah kewenangan Dewan Olahraga Sekolah ASEAN (ASSC). Tujuannya selain untuk memupuk solidaritas pelajar ASEAN, juga memfasilitasi perbandingan bakat atlet di antara para pelajar ASEAN.

Setidaknya ada enam cabang olahraga yang diikuti yaitu atletik, renang, bulu tangkis, basket, pencak silat, dan vovinam. (kun_litbang)