Pada salah satu kegiatan SBO bidang Sains yaitu OPSI para siswa yang memiliki minat dalam bidang penilitian diajak melakukan kajian akademik untuk melakukan sebuah penilitian karya ilmiah. lalu apa itu Karya Ilmiah?
Karya tulis ilmiah, merupakan gabungan dari tiga suku kata. menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karya, dapat diartikan sebagai hasil sebuah usaha, upaya, perbuatan atau ciptaan, sedangkan tulis, atau menulis memiliki arti segala kegiatan yang terkait dengan huruf, angka, pena, atau media tulis yang lain.

Fungsi Penulisan Akademik :

  1. Fungsi Pendidikan : Ketika penulis masih duduk di bangku SMA, ia mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan akademis remaja, dimana penulis banyak belajar tentang dasar-dasar menulis dan diundang. penulis harus berpikir kritis, menuliskan pemikiran dan hasil percobaan ilmiah, serta mempertanggungjawabkan hasilnya.
  2. Fungsi Penelitian : Pada setiap zaman, ilmu pengetahuan berkembang seiring dengan perkembangan masyarakat. Dari sini, penulisan akademis membantu mengembangkan penelitian lebih lanjut dengan menyajikan pengetahuan baru, mengolah dan melengkapi data yang akurat setelah menerimanya, dan menerapkannya dalam kehidupan.
  3. Fungsi Fungsional : Karya ilmiah ditulis oleh penulis dari berbagai bidang keilmuan. Menjelaskan pentingnya fungsionalitas berarti dokumen akademik dapat menjadi media pengembangan ilmu pengetahuan sebagai bahan kajian literatur yang melayani kebutuhan berbagai disiplin ilmu.
Manfaat Penulisan Akademik
  1. Latihan mengembangkan keterampilan pemahaman membaca yang efektif.
  2. Sebagai Pengantar Karya Pustaka Karya Ilmiah penuh narasumber dan informan.
  3. Mencapai Kepuasan Intelektual Bagi penulis akademis, menulis makalah akademis lebih dari sekedar menulis.
  4. Memperluas wawasan ilmu pengetahuan Karya ilmiah bermutu tinggi, dinilai dari segi isi, tujuan, dan orisinalitas.
  5. Sebagai acuan atau kajian pendahuluan bagi peneliti selanjutnya.
  6. Sebagai penyempurnaan sistematika pengorganisasian fakta dan data Penulisan ilmiah adalah tulisan yang bersifat ilmiah yang meliputi penelitian dan eksperimen, yang tersirat dalam penyajian data aktual dan pengolahannya menjadi kesimpulan yang jelas dan mudah dipahami secara Sistematisasi.
  7. Dapat dilatih menggabungkan bacaan dari berbagai sumber. Peneliti tidak bisa sendirian dalam melakukan penelitian dan menyusun karya ilmiah menjadi laporan.
Jenis penulisan akademik : 
  1. Artikel : Artikel adalah suatu karya yang isinya berupa gagasan atau fakta yang mampu membujuk, membujuk, mendidik, dan menghibur pembacanya.
  2. Makalah : Makalah adalah salah satu bentuk tulisan akademis. Biasanya, makalah ditulis untuk tujuan pendidikan. Penyusunannya memerlukan data pendukung yang diperoleh dari hasil observasi lapangan terkait pertanyaan penelitian.
  3. Skripsi : Menurut Wikipedia, istilah “skripsi” di Indonesia digunakan untuk menggambarkan penelitian ilmiah yang menjelaskan suatu fenomena atau masalah tertentu dalam bentuk presentasi hasil penelitian (S-1) oleh mahasiswa tersebut istilah yang digunakan dalam Menjelaskan penggunaan aturan yang berlaku.
  4. Kertas Kerja (Work Papper) : Kertas kerja, atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kertas kerja adalah sejenis dokumen akademis, kurang lebih mirip dengan skripsi, namun analisanya lebih detail.
  5. Esai / Paper : Esai adalah jenis makalah akademis yang didasarkan pada data dan argumen yang valid.
  6. Tesis : Tesis kurang lebih mirip dengan skripsi sarjana (S-1), namun inti keilmuannya lebih kuat dan kompleks dibandingkan skripsi karena menganalisis topik lebih kompleks.
  7. Disertasi : Setingkat lebih tinggi dari tesis, ada yang lazim disebut disertasi. Karena jenjangnya yang lebih tinggi, tesis menjadi syarat kelulusan untuk meraih gelar doktor sarjana (S-3). Ini adalah diskusi singkat tentang penelitian akademis.

Demikian pembahasan singkat mengenai karya ilmiah semoga bermanfaat.