SMA Negeri 1 Seyegan melaksanakan Asesmen Bakat dan Minat  bagi peserta didik kelas XII. Asesmen ini berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kegiatan ABM diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII. ABM ini dilaksanakan sesuai dengan himbauan dari Tim Teknis ABM DIY bahwa DIY menjadi piloting dari 3 provinsi yang ditunjuk. ABM ini bukan ujicoba, tetapi benar-benar diselenggarakan sebagai wujud pelayanan kepada satuan pendidikan dari Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan.

Terdapat tujuh aspek yang diukur dalam ABM yaitu aspek kemampuan (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta minat pada kegiatan atau pekerjaan tertentu.

ABM di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta secara serentak dilaksanakan tanggal 22-23 November 2022. Di SMA Negeri 1 Seyegan kegiatan ini dilaksanakan di laboratorium komputer sekolah, dengan sistem full online. ABM dilaksanakan dalam dua sesi setiap hari.

Sesi pertama dijadwalkan pukul 07.30-10.00 WIB dan sesi kedua dijadwalkan pukul 13.00-15.30 WIB dengan peserta yang sudah dijadwalkan.

Pihak sekolah berharap dengan adanya kegiatan ABM peserta didik dapat merasakan manfaatnya. Manfaat ABM akan sepenuhnya digunakan untuk peserta didik dan sekolah dalam upaya membantu membina dan mengarahkan peserta didik dalam menentukan arah, dan tujuan pada jenjang pendidikan di perguruan tinggi.