Sobat SMANSey, Senin 13 Mei 2024 dilaksanakan kegiatan Forum Group Discusion (FGD) program SBO antara tim dari Bina Mental DIY dan tim SBO dari SMA Negeri 1 Seyegan. Kegiatan diawali dengan presentasi dari tim bintal yaitu Ibu Sari. Di dalam presentasinya ibu sari menyampaikan latar belakang kegiatan FGD, regulasi, dan pengumpulan data yang akan digunakan sebagai acuan untuk pembuatan bahan kajian menyampaikan program SBO di tanggal 22 Mei 2024 mendatang.

Dalam FGD banyak umpan balik yang disampaikan oleh Bapak Ibu yang hadir. Selain tim, hadir pula perwakilan komite sekolah, perwakilan tokoh masyarakat, perwakilan alumni, perwakilan orang tua peserta didik,  dan juga pengawas Pembina dari Balai Dikmen Kabupaten Sleman. Sebagai pemantik dalam diskusi disampaikan oleh bu Sari, harapan, dukungan, dan siapa yang dapat membantu dalam mengembangkan program tersebut.

Diawali dari pemantik waka sarana prasarana bahwa harapan besar dari pelaksanaan program SBO adalah terbangunnya fasilitas yang dapat mewadahi berbagai cabang yang menjadi pilihan dari peserta didik. Kemudian disampaikan berikutnya oleh Bapak Muji selaku koordinator pengawas Pembina Balai Dikmen Kabupaten Sleman bahwa untuk program tersebut perlu adanya indokator kegiatan, kemudian kalau memang diperlukan diintegrasikan dengan P5 dengan subtema yang sesuai. Beliau menambahkan bahwa regulasi untuk kegiatan ekstrakurikuler juga diperlukan sebagai bahan tambahan untuk kegiatan program SBO ini. Selain itu rencana pembelajaran untuk pembelajaran berikutnya adalah modul ajar dan juga RPP dan di akhir kegiatan tentunya diperlukan regulasi serta peraturan akademik sebagai goal dari Sains, Budaya, dan Olahraga yang direncanakan.

Budaya kejogjakartaan disampaikan di awal bahwa ada 14 yaitu pengembangan nilai luhur, adat, dan artefak atau produk. Kekuatannya adalah perilaku yang menjadi dasar dari program ini. Seperti disampaikan di awal oleh Bapak Pengawas bahwa integrasi kegiatan budaya, olahraga, ataupun sains sebisa mungkun diintegrasikan secara jelas dan terinci di dalam KOSP.

Kajian yang nantinya akan dibuat oleh tim nantinya akan disampaikan pula rekomendasi yang disampaikan untuk memperkuat program SBO. Semoga apa yang telah direncanakan ini dapat berjalan dengan lancar. (kun_litbang)