Seperti dipahami bersama bahwa dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik pembelajaran tidak hanya dilakukan di kelas akan tetapi juga dilakukan di luar kelas. Study Tour merupakan salah satu kegiatan pembelajaran luar kelas yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Seyegan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan peserta didik.

Kegiatan studi wisata dilaksanakan pada 18 – 22 Desember 2023 ke Pulau Bali. Obyek wisata yang dipilih Pulau Bali dengan tujuan agar peserta didik lebih mengenal pulau-pulau di Indonesia selain pulau jawa, termasuk dalam hal ini adalah sejarah, budaya adat istiadat, perekonomian dan lingkungan alam sekitar Pulau Bali. Study Wisata pada kesempatan ini dilaksanakan oleh siswa kelas XI. Bagi siswa yang tidak mengikuti karena sesuatu hal, oleh sekolah diberi pilihan untuk melakukan Study Wisata di tempat lain dengan tempat yang telah dipilihkan oleh sekolah.

Kegiatan study Wisata tahun ini bekerjasama dengan Aga Tour. Wisata belajar atau Study Wisata merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Wisata belajar adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok siswa dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman. Study Wisata biasanya dilakukan di tempat-tempat yang berhubungan dengan topik tertentu yang sedang dijalani. Adapun Obyek yang dikunjungi selama di Pulau Bali diantaranya, Pantai Pura Tanah Lot, Pantai Kuta, Puja Mandala (Masjid, Pura, Gereja dan Vihara), Pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana dilanjutkan menyaksikan tari kecak, Wisata di Joger dengan ciri khas pabrik kata-kata, desa wisata panglipuran, pusat oleh-oleh Krisna,  dan Danau Bratan Bedugul. Masing-masing Obyek memiliki sejarah sendiri-sendiri. Peserta banyak belajar sekaligus melakukan observasi sebagai pengumpulan data untuk karya ilmiah mereka. Disepanjang perjalanan peserta didik didampingi oleh guide asli dari Bali. Sepanjang perjalanan guide memberi penjelasan tentang masing-masing obyek yang dikunjungi secara jelas dan Panjang lebar.

Kegiatan Wisata Belajar memiliki tingkat motivasi yang sangat tinggi bagi peserta didik. Adapun faktor-faktor yang memotivasi siswa untuk mengikuti wisata belajar diantaranya, motivasi fisik, budaya, sosial dan fantasi. Akan tetapi faktor yang paling dominan adalah faktor motivasi budaya. Study Wisata juga merupakan bentuk dari pariwisata Pendidikan. Wisata Belajar merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempelajari destinasi wisata langsung di lapangan. Kegiatan ini dilakukan karena kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung mengenai situasi disuatu Obyek wisata, hal tersebut dikarenakan tidak memungkinkan untuk dipelajari dan diamati di dalam kelas. Selain itu juga agar peserta didik tidak jenuh dengan proses pembelajaran di dalam kelas. Selain mempunyai unsur edukatif Study Tour juga mempunyai unsur rekreatif. (kun)