Sosok pemimpin dalam lingkungan sekolah sangat penting guna menciptakan keadilan dan kemakmuran serta menghindari timbulnya konflik yang memicu kondisi kurang harmonis di berbagai bidang. Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) SMA Negeri 1 Seyegan menjadi ajang latihan para peserta didik berdemokrasi, memilih calon pemimpin secara bebas, umum, dan rahasia layaknya pemilihan kepala daerah. Bahkan dalam pelaksanaannya lengkap dengan kampanye para calon, kartu suara, bilik tempat pemungutan suara, perangkat komputer atau laptop, serta tinta tinta sebagai tanda bukti menggunakan hak pilihnya.

Flyer yang berisi visi misi disampaikan melalui berbagai media sosial seperti instagram ataupun media sosial lain. Para pasangan calon juga melakukan orasi berbarengan dengan acara wayang masuk sekolah.

Pemilos dilaksanakan pada Hari : Kamis
Tanggal : 8 Sepetember 2022
Tempat : Lapangan Upacara

Adapun pemungutan suara dilakukan melalui aplikasi g form yang dapat diakses menggunakan 9 laptop yang disediakan di 9 bilik suara. Para pemilih datang ke TPS dengan membawa kartu tanda pengenal yaitu kartu pelajar. Latihan demokrasi untuk tahun ini lebih istimewa karena sekolah bekerja sama dengan KPU kabupaten untuk membantu memfasilitasi dan mendampingi proses pemilos.

Kegiatan pemilos mengajarkan para peserta didik yang belum pernah mempunyai pengalaman menjadi pemilih dalam pemilu menjadi paham arti demokrasi. Termasuk, mengetahui tahapan pelaksanaan pemilu, serta peraturan-peraturannya. Melalui paparan program dan visi misi calon ketua OSIS, para siswa juga bisa menilai kira-kira para kandidat bisa memimpin atau tidak, program yang diusung cocok atau tidak dengan yang dibutuhkan sebagai anggota masyarakat.

Apabila peserta didik nantinya sudah mempunyai hak memilih dan berpartisipasi pada ajang pemilu yang sebenarnya. Memilih calon pemimpin daerah, wakil rakyat, presiden yang sesuai keinginan, mesti mengedepankan kriteria bertanggung jawab, melaksanakan progamnya, mewujudkan harapan rakyat, serta bermanfaat bagi masyarakat.

Sebelum pelaksanaan pencoblosan pada pukul 09.00 WIB, perwakilan KPU menyempatkan simulasi dan sosialisasi kepada pesera didik tentang berdemokrasi.

Di SMA Negeri 1 Seyegan terdapat tiga pasangan calon yaitu :

  1. Alifia Nasywa N.R – Early Nur S
  2. Ahyan Hilal F – Karimna Saniatun N
  3. Sonik Orlando – Yoga Dwi Jatmiko

Visi misi sudah dapat dicermati selama beberapa hari sebelum dilaksanakan kampanye dialogis.

Hasil pemungutan suara adalah sebagai berikut :

Tahapan selanjutnya aka nada tahapan open recruitmen pengurus OSIS dan juga Latihan Dasar Kepemimpinan.