Jumat, 30 September 2022, seluruh kelas X SMA Negeri 1 Seyegan yang terdiri atas siswa jurusan MIPA dan IPS melakukan kunjungan museum. Mereka melakukan kunjungan museum ke Museum Tani di Imogiri, Bantu, D.I. Yogyakarta dan Museum Geomaritiem Science Park Parangtritis, Bantul, D.I. Yogyakarta.

322 siswa ini memulai perjalanan pukul 07.00 WIB menggunakan 7 bus besar berkapasitas 50 orang dari SMA Negeri 1 Seyegan. Destinasi pertama yang dituju adalah Museum Tani, Imogiri, D.I. Yogyakarta. Di sana siswa mengenal sejarah museum tani, berbagai peralatan dan perlengkapan pertanian, bahkan permainan-permainan tradisional seperti egrang dan bakiak Panjang. Selain itu siswa siswi juga diajari bagaimana membuat pakan kambing menggunakan daun kering.

Setelah dari Museum Tani, siswa sisiwi melakukan kunjungan ke Museum Geomaritiem Science Park Parangtritis. Di sana mereka diajari berbagai hal tentang pengelolaan dan pengembangan terkait hasil-hasil riset, pengetahuan geospasial, serta wawasan dalam bidang kepesisiran dan kemaritiman. Tidak hanya didongengi, semua siswa diajak berkeliling museum, menonton film, dan praktik langsung.

Kunjungan museum ini merupakan agenda rutin yang diselenggaran SMA N 1 Seyegan dalam rangka meningkatkan kompetensi peserta didik serta dalam upaya memperkenalkan museum kepada siswa.