Elite Pro Academy adalah sistem liga sepak bola kelompok usia yang dikelola, diselenggarakan dan dikendalikan oleh PSSI. Sistem ini diperkenalkan pada awal 2018 dan diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2018. Sistem ini mencakup kelompok usia di bawah 16 tahun sejak 2018, di bawah 18 dan di bawah 20 tahun sejak 2019. Elite Pro Academy ini dilaksanakan bersamaan dengan gelaran Liga 1.

Tercatat 4 peserta didik SMA Negeri 1 Seyegan dari Kelas Khusus Olahraga menjadi bagian dari tim PSS U 18. Salomo Dhito, Fernando Putra. Rafi Fadhil, dan Dony Akbar adalah 4 atlet yang berasal dari SMA Negeri 1 Seyegan. Tercatat tim PSS memperoleh kemenangan 2 – 1  melawan Borneo FC Samarinda dalam laga final Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-18 musim 2023/2024 yang  digelar di Garudayaksa Football Academy, Kabupaten Bekasi, Rabu (6/3) siang WIB.

Meskipun tampak kesulitan melawan tim Borneo namun sektor pertahanan tim PSS  tampak kuat. Sehingga laga puncak dari EPA ini dapat dimenangkan. Meskipun perjalanan kompetisi persaingannya ketat namun tim PSS memiliki banyak talenta muda berbakat.  Apalagi selama empat kali pertemuan, PSS Sleman belum pernah meraih kemenangan melawan Borneo FC Samarinda.

Semoga laga pertandingan EPA ini dapat menambah pengalaman peserta didik yang terlibat dan dapat memotivasi peserta didik lain. (kun_litbang)