Karawitan adalah salah satu jenis musik tradisional asal Indonesia. Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian karawitan adalah seni gamelan dan seni suara yang bertangga nada Slendri dan Pelog.

Kesenian ini terkenal di Pulau Jawa dan Bali. Istilah karawitan berasal dari bahasa Jawa yaitu kata “rawit” yang berarti halus dan lembut. Dengan kata lain, karawitan adalah kelembutan perasaan yang terkandung dalam seni gamelan.

Pada umumnya, karawitan dimainkan pada saat acara-acara penting, seperti perpisahan sekolah, pernikahan, upacara keagamaan dan lain sebagainya. Karawitan sendiri tumbuh dan berkembang di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian karawitan adalah seni gamelan dan seni suara yang bertangga nada Slendri dan Pelog. Sedangkan secara bahasa, karawitan berasal dari kata rawit yang dalam bausastra Poerwadarminta berarti halus, lembut, serba halus. Dengan kata lain, karawitan adalah kelembutan perasaan yang terkandung dalam seni gamelan.

Dalam buku Seni Budaya Jawa dan Karawitan (2022) karya Arina Restian, menjelaskan bahwa karawitan disebut juga sebagai perpaduan seni gamelan dan seni vokal. Oleh karena itu, alat musik karawitan tidak jauh berbeda dengan alat musik dalam seni gamelan.

Musik karawitan adalah salah satu warisan Indonesia dalam bentuk kesenian musik. Karawitan merupakan kesenian yang mencakup cabang-cabang seni yang mengandung unsur-unsur keindahan, halus, dan rumit. Secara khusus, karawitan adalah ekspresi jiwa manusia yang dimanifestasikan melalui media suara baik vokal maupun instrumental yang berlaraskan slendro atau pelog.

(sumber Liputan 6)

SMAN 1 Seyegan telah mengenal seni Karawitan sudah sejak lama, sekarang seni karawitan merupakan salah satu pilihan yang bisa siswa-siswi minati melalui Program SBO SMAN 1 Seyegan. pada pementasan 13 maret 2024 memperingati HUT Yogyakarta, siswa-siswi SBO karawitan menampilkan tabuhan gamelang di ruang Seni Karawitan. mari uri-uri budaya di jogjakarta melalui seni karawitan.