Halal bi halal atau Syawalan merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh setiap institusi di bulan Syawal sebagai kegiatan untuk saling memaafkan  diantara sesama anggota institusi. Selain untuk memperat tali silaturahmi,kegiatan Syawalan diadakan dalam rangka memberikan kesempatan untuk berikrar saling memaafkan  kesalahan dan dosa antar sesama yang tidak terhapuskan oleh amalan puasa Ramadhan.

Pada hari Senin, tanggal 9 Mei  2022 bertepatan dengan tanggal 8 Syawal 1443, SMA Negeri 1 Seyegan menyelanggarakan acara Syawalan halal bi halal yang dihadiri oleh seluruh anggota keluarga besar SMA Negeri 1 Seyegan yang meliputi kepala sekolah, guru dan karyawan. Selain itu, kegiatan Syawalan juga dihadiri oleh perwakilan dari Komite Sekolah SMA Negeri 1 Seyegan. Kegiatan Syawalan ini sekaligus merupakan kegiatan pembuka setelah masa cuti bersama dan liburan Hari Raya Idul Fitri berakhir.

Dengan mengambil tema ”Membangun Kebersamaan dan Kekeluargaan untuk Meraih Ridho Illahi” acara Syawalan berlansung dengan hikmat. Bapak Ustad Suciyono selaku penceramah syawalan berhasil membuat para hadirin antusias dalam mengikuti tausiah beliau. Dengan humor–humor yang beliau sisipkan, beliau menguraikan hikmah syawalan dengan lebih bermakna sehingga  hadirin larut dalam tausiah beliau.

Masih dalam suasana pandemic Covid 19, kegiatan Syawalan keluarga besar SMA Negeri 1 Seyegan dilaksanakan dengan mengacu  standar prokes yang ditetapkan oleh pemerintah seperti mengenakan masker dan jaga jarak antar hadirin. Acara diakhiri dengan salam salaman antara seluruh anggota keluarga besar SMA Negeri 1 Seyegan.