Rabu, 25 Mei siswa siswi SMA Negeri 1 Seyegan mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten (OSN-K). Olimpiade Sains Nasional merupakan ajang kompetisi sains bagi pelajar SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Olimpiade Sains Nasional pada jenjang SMA meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Peserta seleksi setiap sekolah maksimal diwakili 5 (lima) peserta untuk setiap bidang lomba.

Bertempat di Ruang TIK B SMA Negeri 1 Seyegan, kegiatan ini diikuti oleh 41 siswa siswi. OSN-K dilaksanakan selama 2 hari, yakni tanggal 24 dan 25 Mei 2022.  Bidang yang diujikan pada tanggal 24 Mei 2022 yakni Fisika, Biologi, Ekonomi, dan Geografi. Sedangkan, bidang yang diujikan pada tanggal 25 Mei 2022 yakni Matematika, Informatika, Astronomi, Kebumian, dan Kimia.  Proktor dan Teknisi bertugas di sekolah masing-masing, sedangkan Pengawas dilakukan secara silang antar sekolah.

Olimpiade Sains Nasional bertujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains dan membentuk peserta didik berprestasi yang jujur. Diharapkan siswa siswi SMA Negeri 1 Seyegan dapat mewakili kabupaten Sleman dalam ajang Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi.