SMA Negeri 1 Seyegan merupakan salah satu sekolah di Provinsi D.I Yogyakarta yang ditunjuk untuk mengikuti tes Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2022. Tes PISA yang berlangsung pada Jumat (27/05/2022) di Ruang TIK B SMA N 1 Seyegan. Tes PISA ini dimulai pukul 07.30 WIB dengan jumlah peserta empat puluh dua siswa.

Pisa merupakan surve internasional dalam bidang Pendidikan yang melibatkan lebih dari dari 85 negara dengan peserta siswa sisiwi yang berusia 15-16 tahun. Pisa mengukur pemahaman peserta didik dalam kemampuan membaca, sains, matematika, dan berpikir kreatif. Pengukuran ini bertujuan untuk mengukur kemampuan penalaran para peserta didik.

PISA diinisasi oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD), sebuah organisasi internasional yang memiliki 38 negara anggota dan menerima prinsip demokrasi perwakilan serta ekonomi pasar bebas. OECD ini berkantor di Paris, Prancis.

“Harapannya, hasil PISA peserta didik SMA N 1 Seyegan hari ini dapat membawa nama baik sekolah, provinsi, dan Indonesia,” tutut Thomas Panji Pranggili, S.Kom., anggota TIM PISA SMA N 1 Seyegan.