Rabu, 6 Oktober 2021  Tim penilai Adiwiyata tingkat Kabupaten Sleman. Tim beranggotakan penilai dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten, LSM, dan Balai Dikmen Kabupaten.

Dalam penilaian yang berlangsung di siang hari, SMA Negeri 1 Seyegan terjadwal pada Pukul 12.00 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan dari Bapak Kepala Sekolah, sambutan dan teknis penilaian dari tim penilai. Ketua Tim Program Sekolah Adiwiyata yang dalam hal ini dipegang oleh Ibu Rr. Siti Rochimah mempresentasikan profil sekolah yang telah diunggah pula di youtube, dan juga mengenai RGBPLHS, pelaksanaan, dan juga monitoring dan evaluasi. Setelah presentasi dilanjutkan pada penilaian dan bukti dokumen pada masing-masing koordinator dan penanggungjawab.

Secara umum tahun pertama pelaksanaan program adiwiyata di SMA Negeri 1 Seyegan dapat dikatakan berjalan dengan baik. Beberapa yang belum terlaksana dapat menjadi catatan rencana dan pelaksanaan untuk tahun berikutnya. Banyak kemajuan yang didapat setelah penunjukkan sekolah untuk menjadi calon sekolah Adiwiyata, diantaranya lingkungan lebih tertata dengan rapi, terbangunnya rumah kompos dan green house, serta adanya pilah sampah dalam proses pembuangannya.

Penempelan label pada tanaman sudah mulai dilakukan. Pembuatan katalog tanaman juga mulai tersusun seiring dengan semakin bervariasinya tanaman yang tumbuh di SMA Negeri 1 Seyegan.

Lagu Mars Adiwiyata yang telah teraransemen juga dapat didengarkan oleh seluruh warga sekolah sebagai sarana internalisasi program sekolah berwawasan lingkungan. Narasi tentang pentingnya konservasi energi menggunakan bahasa Jawa dan Bahasa Inggris secara sentral dilakukan bergantian menjadikan warga sekolah lebih peduli akan pentingnya konservasi energi.

Bapak Kepala sekolah menyampaikan bahwa dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. Sesuai dengan jargon dari Adiwiyata SMA Negeri 1 Seyegan adalah Go Clean, Go Smart, Go Health.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut. Dan dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah. Namun begitu alangkah baiknya apabila lingkungan di sekitar sekolah juga mengedepankan penerapan hidup bersih sehingga upaya yang dilakukan oleh sekolah dapat bermanfaat juga untuk masyarakat sekitar.

Tim penilai juga menghimbau untuk untuk peserta didik menerapkan lingkungan hidup bersih di rumah masing-masing.

Besar harapan agar apa yang telah diupayakan oleh pihak sekolah dapat tercapai yaitu memperoleh nilai tinggi dalam ajang sekolah adiwiyata tingkat kabupaten, sehingga selanjutnya sekolah dapat menjadi peserta dalam sekolah adiwiyata tingkat provinsi, nasional, dan menjadi sekolah adiwiyata mandiri. (kun)