Sobat SMASey, Agenda Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal dengan Subtema Permainan Tradisional Jumat, 1 Maret 2024 adalah tahap Uji Coba Skala terbatas untuk alat permainan tradisional yang dihasilkan oleh peserta didik yang memilih sub tema ini. Setelah tahapan demi tahapan di selesaikan mulai dari brainstorming, penyusunan proposal, dan hari ini adalah aksi dan penyelesaian project yang telah disusun dan direncanakan.

Setiap kelompok mempresentasikan hasil project permainan tradisional yang dibuat untuk mendapatkan masukan dari fasilitator. Dalam kegiatan sekaligus dilaksanakan finalisasi dan ujicoba terbatas alat permainan tradisional yang telah mereka buat. Beberapa alat dan permaianan tradisional yang dibuat sengaja untuk dimodifikasi dan juga diinovasikan agar ada unsur terbarukan.

Permainan tradisional yang diambil oleh masing-masing kelompok sebagai hasil modifikasi dan telah dilkombinasi diantaranya adalah sontlop dan sepak sekong, mbatmbatan  dan slontop, kelereng dan gobag sodor, lobak (balon dan bakiak). Ternyata dari peserta didik memiliki banyak ide dan kreativitas untuk mengembangkan permainan tradisional berbasis kearifan lokal yang ada di Indonesia sehingga dapat dimainkan lebih asyik dan tidak menjemukan. Semoga ke depan akan ada inovasi terbarukan dari permainan tradisional yang dapat dimainkan oleh anak muda zaman sekarang sehingga tidak membosankan ataupun menjemukan. (kun_litbang)