Assesment Standarisasi Pendidikan Daerah atau disingkat ASPD merupakan tes CBT yang tidak lagi asing bagi warga Daerah Istimewa Yogyakarta. ASPD sendiri merupakan Kegiatan pengukuran capaian kompetensi literasi dan numerasi peserta didik dalam lingkup daerah, yang mana ASPD sendiri tidak menentukan kelulusan peserta didik. ASPD dilakukan untuk mendapatkan data sekunder perihal peningkatan mutu Pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat tentang perkembangan mutu dari waktu ke waktu dan kesenjangan antar bagian dalam sistem pendidikan dalam rangka memperbaiki kualitas belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta merencanakan pelaksanaan ASPD pertama kalinya untuk jenjang SMA pada tanggal 3, 4, 5 Maret 2024. Rapat koordinasi persiapan penyusunan soal ASPD SMA untuk tahun pelajaran 2023/2024 telah dilaksanakan pada 24 Januari 2024 dengan mengundang Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Kepala Seksi SMA, Bapak Ibu Dosen, dan Bapak Ibu Guru mata pelajaran yang berkompeten dalam penyusunan soal. Materi yang akan di ujikan pada ASPD diantaranya adalah Antropologi (untuk jurusan Bahasa), Sastra Inggris (untuk jurusan Bahasa), Literasi bahasa Inggris (untuk Jurusan IPA dan IPS), Skolastik (untuk semua jurusan), Penalaran Matematika (untuk semua jurusan), literasi Bahasa dan Sastra Indonesia (untuk semua jurusan), Mapel IPA (gabungan dari Fisika, Kimia, Biologi) dengan jumlah 30 soal untuk jurusan IPA, Mapel IPS/Sosial (gabungan dari Geografi, Ekonomi, Sosiologi) dengan jumlah soal 45 untuk jurusan IPS.

Tujuan dari diadakannya ASPD adalah untuk pengembangan kompetensi peserta didik. Walaupun tidak digunakan untuk menentukan kelulusan tetapi tetap bisa menjadi dasar dilakukan perbaikan pembelajran. Selai itu pula ASPD bertujuan untuk memantau perkembangan mutu dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan sehingga dapat digunakan untuk memantau perkembangan mutu pendidikan pada satuan pendidikan.

Mengingat pentingnya asessmen tersebut, SMA Negeri 1 Seyegan pada Jumat, 1 Maret 2024 melaksanakan kegiatan ujicoba dan simulasi perangkat sistem yang akan digunakan untuk ASPD Senin mendatang. Berbekal sistem yang telah dipasang pada perangkat lunak komputer, peserta didik kelas 12 secara random diminta untuk melakukan uji coba terbatas tersebut. Dengan telah dilaksanakannya uji coba diharapkan pada saat pelaksanaan ASPD semua dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala baik dalam sistem ataupun penggunanya. Teriring harapan dan doa semoga peserta didik kelas 12 mendapatkan hasil yang memuaskan. (kun_litbang)