SMA Negeri 1 Seyegan pada Selasa 21 Maret 2023 mendapatkan kunjungan dari SMP Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta. Maksud dan kedatangan SMP Muhi terkait dengan rencana mereka dalam menyiapkan kelas peminatan Seni Budaya dan Olahraga dalam penerimaan peserta didik di tahun ini. Untuk mempersiapkan format yang akan diterapkan, SMP Muhi memilih SMA Negeri 1 Seyegan untuk sebagai percontohan atau studi tiru. Kunjungan studi tiru dilaksanakan di hari Selasa agar bertepatan dengan program SBO yang rutin dilaksanakan setiap hari Selasa, pukul 13.00.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Suwahono menjelaskan dipilihnya sekolah ini karena SMAN 1 Sayegan dianggap memiliki konsep sama dengan apa yang akan dibuka di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Yakni kelas peminatan olahraga dan peminatan bidang kebudayaan. Selain olahraga di SMAN 1 Seyegan juga dikembangkan kelas sains dan budaya. Tentu hal ini menjadi penting kenapa kita belajar ke sini.

Bapak Kepala sekolah SMA N 1 Seyegan Kristya Mintarja mengatakan, tidak mungkin satu anak akan memiliki kecerdasan atau peminatan pada semua mata pelajaran. Maka dari itulah sekolah memfasilitasi bakat-bakat anak sesuai dengan kecerdasannya. Memaksa anak untuk menguasai atau pintar di 16 mata pelajaran, sama saja memaksa satu pohon menghasilkan bermacam-macam buah. Keberbakatan dan minat yang tidak difasilitasi sesuai dengan kemampuannya ibarat ikan yang diajari terbang, hal ini akan menjadikan ikan merasa bodoh seumur hidup karena tidak bisa terbang.

Pengawas Pendidikan Kota Yogyakarta, Sugiyana yang turut membersamai rombongan dari SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyampaikan bahwa apa yang sudah diperoleh pada studi tiru ini dapat untuk diadopsi dengan disesuaikan dengan apa yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pengadopsian bisa diterapkan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dengan melihat kelebihan dan kekurangan serta disesuaikan dengan kondisi yang ada. Turut serta dalam rombongan SMP Muhammdiyah 1 Yogyakarta yaitu bagian kurikulum, kesiswaan, humas, bendahara sekolah serta guru pengampu mata pelajaran olahraga.

Kunjungan dari SMP Muhi dapat menjadi motivasi buat SMA Negeri 1 Seyegan untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kembali berbagai hal yang terkait dengan program SBO. Semoga dengan program tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Seyegan. (kun)