Peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 di SMA Negeri 1 Seyegan  dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022 di lapangan upacara SMA Negeri 1 Seyegan. Apel  peringatan hari Kesaktian Pancasila diikuti oleh seluruh guru karyawan SMA Negeri 1 Seyegan  tanpa keikutsertaan  peserta didik mengingat tanggal 1 Oktober 2022 jatuh pada hari Sabtu yang merupakan  hari libur.

Bertindak selaku pembina upacara adalah kepala SMA Negeri 1 Seyegan, Bapak Kristya Mintarja, S.Pd., M.Ed. St. Sementara  pemimpin upacara dilaksanakan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Bapak Agung Pramono, S.Pd.

Peringatan hari Kesaktian Pancasila merupakan momen mengenang kembali gugurnya para Pahlawan Revolusi sebagai tameng ideology Pancasila dari rongrongan Partai Komunis Indonesia yang melakukan kudeta dengan menculik dan membunuh para jendral TNI  pada tanggal 30 September 1965. Harapannya seluruh elemen bangsa tetap menjaga kelestarian ideologi Pancasila dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menjaga persatuan dan kesatuan serta   menghindari fitnah dan adu domba yang bisa memecah  belah bangsa