SMA N 1 Seyegan mengadakan Perkemahan Sistem Blok yang bertajuk “PERDIKA 2022 (Sistem Blok)” untuk seluruh peserta didik kelas 12 di SMA N 1 Seyegan. Diadakan selama 3 hari 1 malam dimulai pada 13 s.d. 15 Juli 2022.

Sistem Blok merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Bersifat wajib, setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum yang dilaksanakan selama 36 jam.

Kenapa diikuti oleh kelas 12? Bukankah harusnya kelas 10/11? Karena terhalang oleh pandemi pada tahun 2020 lalu, maka terpaksa harus dilaksanakan saat peserta sudah kelas 12 untuk memenuhi syarat penilaian umum seputar kepramukaan.

PERDIKA 2022 memuat kegitan giat materi yang diisi oleh saka-saka di Sleman, yaitu Saka Kalpataru, Saka Kominfo, Saka Pariwisata, Saka Bakti Husada dan dari komunitas reptil. Selain giat materi, ada pula kegiatan lain seperti dinamika kelompok, giat materi filtrasi air, apresiasi budaya, apresiasi seni, outbond dan senam.

Seluruh peserta mendirikan tenda yang sudah disediakan oleh sangga kerja di lapangan belakang SMA N 1 Seyegan.

Perkemahan Sistem Blok akhirnya ditutup pada hari Jumat, 15 Juli 2022 dengan dilaksanakanya upacara penutupan di lapangan utama SMA N 1 Seyegan.

Dengan diadakan PERDIKA (Sistem Blok), diharapkan dapat membangun karakter-karakter yang cerdas, peduli terhadap sesama, lingkungan serta rasa nasionalisme dan patriotisme serta aktif dalam kegiatan kepramukaan.