Upacara peringatan  Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77  di SMA Negeri 1 Seyegan dilaksanakan di lapangan upacara SMA Negeri 1 Seyegan pada hari Rabu tanggal 17 Agustus 2022. Upacara  diikuti oleh seluruh warga SMA Negeri 1 Seyegan yang meliputi  tenaga pendidik dan kependidikan, siswa-siswa kelas X, XI dan XII.

Berbeda dari tahun -tahun sebelumnya, pada peringatan Prolamasi  Kemerdekaan RI ke-77 ini upacara dilaksanakan  dengan  pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh Tim Pasukan  Pengibar  Bendera dengan formasi  tujuh belas, delapan dan empat lima. Kehadiran tim Pasukan Pengibar  Bendera ini  menjadikan  suasana  upacara semakin hikmat.

Bertindak sebagai pembina upacara  Bapak Drs. Agung Pramono selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Dalam kesempatan tersebut, pembina upacara membacakan sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam rangka Penringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Dalam sambutannya, Sri Sultan  Hamengku Buwono X mengajak semua elemen masyarakat Yogyakarta untuk memaknai kemerdekaan dengan merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia.

Rangkaian  Upacara  Peringatan Proklamasi  Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77  diakhiri dengan menyanyikan lagu wajib Hari Merdeka dan Mars SMA Negeri 1 Seyegan.

Dirgahayu  Republik Indonesia!