Tahukah Anda bahwa dalam rangkaian seleksi CASN yang bernama Aptitude Test ada tes yang hanya dilakukan oleh beberapa institusi saja?. Apa itu tes kesamaptaan CPNS dan PPPK? Seperti apa tesnya?Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu bisa simak artikel berikut.

Apa Itu Tes Kesamaptaan?

Menurut asal katanya kesamaptaan berasal dari kata: Samapta, yang artinya: siap siaga. Kesamaptaan: kesiapsiagaan. Istilah lainnya adalah “siap siaga dalam segala kondisi”. Menurut Sujarwo (2011:4) “Samapta, artinya: siap siaga. Kesamaptaan: kesiapsiagaan. Berdasarkan pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kesamaptaan merupakan suatu keadaan siap siaga yang dimiliki oleh seseorang baik secara fisik, mental, maupun sosial dalam menghadapi situasi kerja yang beragam.
Hubungan antara kesamaptaan jasmani dan mental dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian bahwa orang yang menjaga kesamaptaan jasmani dengan melakukan olah raga secara teratur rata-rata menunjukkan perbaikan level kebugaran. Perbaikan itu ternyata juga membantu meningkatkan kualitas ketajaman mental. Perbaikan ini juga secara kognitif dapat memperlancar aliran darah ke otak sehingga mampu meningkatkan metabolisme otak, kemudian merangsang produksi neurotransmiter dan pembentukan sinapsis baru.
Neurotransmiter merupakan zat kimia yang bertugas membawa pesan antara sel-sel urat saraf dan sinapsis merupakan pertalian antara hubungan hubungan sel urat saraf. Dengan begitu, para peneliti menyimpulkan bahwa dengan menyehatkan jantung, secara bersamaan juga melindungi otak.

Tes kesamaptaan adalah tes kesiapan fisik. Kata kesamaptaan diambil dari kata samapta, yaitu ready yang berarti siap. Tes ini merupakan bagian dari Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan bertujuan untuk mengetahui kesiapan fisik pelamar CASN. Jadi, bentuk tesnya memang harus melibatkan fisik, seperti lari, push up, sit up, dan lainnya.

Tidak semua instansi menerapkan seleksi tes kesamaptaan. Beberapa yang memberlakukannya di antaranya seperti Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kejaksaan, Badan Intelijen Negara (BIN), Bakamla RI, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pertahanan (Kemhan), dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Tes ini bukanlah proses baru dalam pendaftaran pegawai di instansi kenegaraan. Jika kamu pernah mendaftar kepolisian, tentara, dan sekolah dinas lainnya, maka juga akan menemukan tes ini.

jika kalian berminat kalian bisa lihat keseruan nya langsung pada kegiatan SBO Kesemaptaan setiap hari Rabu mulai jam 1 siang di Lapangan Upacara SMAN 1 Seyegan

Demikian artikel ini mudah-mudahan bermanfaat.

Sumber : https://www.kitalulus.com/, https://www.bimbelkedinasan.id/