Sobat SMANSey, peringatan paskah tahun 2024 menjadi lebih istimewa karena bersamaan dengan bulan Ramadhan. Tentunya hal ini menjadi momen yang tepat sebagai sarana perekat solidaritas dan kebersamaan umat beragama. Paskah merupakan momen untuk mengingatkan manusia agar bijak mengelola lingkungan sebagai tempat hidup bersama. Hari paskah dimaknai sebagai hari pengampunan umat Kristen kepada Tuhan yang telah rela meninggalkan dunia demi menyelamatkan hidup umat-Nya. Umat Kristiani tidak hanya merayakan Paskah, masih ada banyak peringatan-peringatan lainnya.

Mereka memperingati dan merayakan hari kelahiran Yesus dan juga hari kematian-Nya. Hari-hari besar yang dirayakan umat Kristiani memberikan makna dan hikmah bagi setiap pengikutnya. Natal merupakan hari perayaan kelahiran Yesus. Sedangkan, Paskah merupakan hari peringatan kematian Yesus Kristus sang Juru Selamat.

Paskah merupakan hari peringatan kematian Yesus Kristus sang Juru Selamat ke surga. Paskah menjadi hari kemenangan Yesus Kristus dari kematian.  Dia mengorbankan dirinya untuk menebus kesalahan dan dosa umat manusia. Kebangikitan Yesus memberikan pengharapan bagi umat-Nya yang telah ditebus dengan darah milik Tuhan Yesus

Dikutip dari gramdeia blog, bahwa perayaan Paskah memiliki beberapa rangkaian ibadah. Berikut ibadah-ibadah yang dilakukan ketika Hari Paskah :

  1. Minggu Palma

Minggu Palma disimbolkan dengan daun palem yang berarti kemenangan. Daun palem digunakan untuk menyatakan kemenangan Martir atas kematian. Martir kerap kali digambarkan dengan daun palem di antara tempat atau tambahan instrument dari kesyahidan.

Pada Minggu Palma tidak hanya mengenang kejayaan Yesus memasuki kota suci Yerusalem, tetapi juga mengenang kesengsaraan Yesus. Oleh sebab itu, Minggu Palma juga disebut sebagai Minggu Sengsara. Umumnya, ibadah dilakukan dengan prosesi daun palem (melambai-lambaikan daun palem)

  1. Jalan Salib

Jalan Salib atau dikenal juga sebagai Via Dolorosa atau Jalan Penderitaan merupakan penggambaran masa-masa terakhir (atau penderitaan) Yesus dan devosi yang memperingati penderitaan tersebut. Tradisi sebagai devosi yang diadakan oleh gereja dimulai oleh Santo Fransiskus Assisi.

Kemudian, tradisi tersebut menyebar ke seluruh Gereja Katolik Roma pada abad pertengahan. Devosi dilakukan kapan pun, tetapi pada umumnya dilakukan di masa-masa pra-Paskah terutama pada Hari Jumat Agung dan pada Jumat malam selama masa pra-Paskah

  1. Kamis PutiH

Kamis Putih atau disebut juga dengan Kamis Suci merupakan hari Kamis sebelum Paskah yang jatuh pada Hari Raya Pekan Suci umat Kristiani memiliki tradisi Perjamuan Malam Terkahir yang dipimpin oleh Yesus. Kamis Putih menjadi hari pertama dalam rangkaian perayaan Paskah. Kegiatannya dimulai pukul 6 sore dan berlangsung selama 7 hari.

  1. Jumat Agung

Jumat Agung diperingati ketika hari Jumat sebelum Minggu Paskah. Jumat Agung dilakukan untuk memperingati penyaliban Yesus Kristus dan wafat-Nya di Golgota. Hari kematian tidak dicatat dengan gambling di Alkitab. Beberapa menjatuhkannya di hari Rabu dan sebagian besar memperingatinya di hari Jumat.

  1. Hari Pentakosa

Hari Pentakosa atau disebut juga dengan Minggu Putih merupakan hari raya umat Kristiani yang ditujukan untuk memperingati peristiwa dicurahkannya Roh Kudus kepada para rasul di Yerusalem. Peristiwa tersebut terjadi pada 50 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus.

Sobat SMANSey, beberapa penjelasan diatas penulis ambil dari berbagai sumber. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Selamat Hari Paskah untuk semua warga dan sobat SMA Negeri 1 Seyegan yang merayakan. (kun_litbang)