Hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, biasanya dikerjakan dalam kamar kaca dengan menggunakan medium air yang berisi zat hara. Dilansir dari buku Metode Bertanam Model Urban Farming oleh Rini Mastuti, metode hidroponik adalah solusi bertani dalam mengatasi keterbatasan lahan atau tanah.

Metode ini tidak menggunakan media tanam tanah namun diganti dengan menggunakan media air yang mengandung nutrisi serta mineral tertentu untuk menjadi media tanam. Menanam dengan teknik hidroponik adalah cara yang ramah lingkungan karena prosesnya menggunakan bahan-bahan alam dan tidak menggunakan pestisida secara berlebihan. Karena prosesnya yang organik, maka sayur dan buah hasil budidaya hidroponik cenderung lebih sehat.

Keunggulan Hidroponik
Menurut Asnarni Lubis dalam bukunya Modul Biologi: Hidroponik,berikut ini adalah keunggulan dari metode ini:

  1. Solusi terbaik untuk menyalurkan hobi bercocok tanam bagi kamu yang tidak memiliki pekarangan yang luas.
  2. Tidak perlu menggunakan pupuk yang banyak sehingga akan lebih hemat dibandingkan dengan media tanah.
  3. Penggunaan air jauh lebih sedikit, Karena dalam penerapannya air adalah sumber media utama dalam menanam hidroponik.
  4. Lingkungan budidaya tanaman jadi lebih besar karena tidak menggunakan media tanah.
  5. Dapat ditanam di mana saja dan tidak membutuhkan pencahayaan yang banyak.
  6. Bebas dari hama dan penyakit karena hal tersebut berasal dari tanah.
  7. Apabila tanaman hidroponik untuk tujuan komersil maka dapat dijual dengan lebih tinggi karena kualitasnya yang tinggi.
  8. Tidak perlu lagi mencangkok tanaman.
  9. Dapat dengan mudah mengecek akar tanaman secara rutin sehingga bisa memastikan tanaman tersebut tumbuh dengan baik atau tidak.
  10. Dapat dikonsumsi secara keseluruhan baik akar, buah, maupun batangnya karena bebas dari hama.
  11. Proses pertumbuhan dan perkembangannya lebih cepat.

Kesimpulannya, hidroponik adalah cara menanam dengan tanpa menggunakan media tanah. Cara ini merupakan solusi untuk menanam dengan ruang atau lahan yang sempit.

Sumber. Detik.com

Nah setelah membahas mengenai penting nya apa itu Hidroponik. maka salah satu bentuk kegiatan produktif yang pernah dilakukan oleh kader adiwiyata SMAN 1 Seyegan adalah penanaman sayuran menggunakan teknik hidroponik, dimana lokasi penanaman ada di green house praktik laboratorium biologi. untuk lebih lengkapnya kalian bisa simak profil adiwiyata ya.