Sobat SMASey, ada program baru yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seyegan yaitu program hobi produktif. Kegiatan hobi produktif ini sasarannya adalah kelas XI. Penyelenggaraan kegiatan hobi produktif secara umum bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dalam diri peserta didik untuk mengelola hobi yang biasa dilakukan oleh peserta didik agar menjadi suatu kegiatan yang produktif. Pada awalnya mereka akan diberikan brainstorming dengan tujuan mengidentifikasi dan menggali bakat dan minat yang mereka miliki. Peserta didik secara individu memilih hobinya untuk nantinya akan dikembangkan dan menjadi kegiatan yang produktif. Banyak cabang hobi yang ditawarkan dengan pembimbingnya kurang lebih satu atau dua guru.

Hobi Produktif? Apakah yang dimaksud dengan hobi produktif?

Hobi produktif dapat didefinisikan sebagai kegiatan menyalurkan kegemaran untuk memperbaiki suasana hati di waktu senggang yang berorientasi dalam menghasilkan sesuatu (produktif). Hobi yang dilakukan oleh seseorang bukanlah suatu kegiatan atau pekerjaan utama yang harus dilakukan, tetapi tidak jarang seseorang menjadikan hobi tersebut menjadi suatu pekerjaan utama. Salah satu contohnya adalah seseorang yang memiliki hobi memasak dengan membuka usaha warung makan, seseorang yang memiliki hobi memelihara hewan dengan menjadi peternak, seseorang yang gemar berbicara di depan umum dengan menjadi master of ceremony (MC) suatu acara dan masih sangat beragam hobi-hobi produktif yang dapat dilaksanakan.

Dengan kata lain, kegiatan hobi produktif diselenggarakan untuk mewadahi minat dan bakat peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Seyegan yang beorientasi menghasilkan suatu produk atau kegiatan yang menjual. Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, peserta didik dibebaskan untuk memilih hobi yang diminati masing-masing sebagai upaya berdiferensiasi dalam proses pembelajaran dalam dimensi proses maupun produk. Pemilihan dilakukan melalui penyebaran angket dalam bentuk google form. Cabang hobi yang dapat dipilih ada 9 diantaranya : perikanan, peternakan, fashion, jurnalistik, Event Organizer, Kuliner, Kesehatan, teknologi, dan seni. Dari masing-masing cabang yang dipilih tersebut peserta didik nanti diberikan kesempatan untuk menyusun proposal dan rencana kegiatan yang akan dilakukan. setelah proposal selesai peserta didik dibolehkan melaksanakan rencana dari hobi yang akan dikembangkan.

Adapun pelaksanaan kegiatan hobi produktif ini di setiap Hari Selasa di jam Pelajaran ke 11 dan 12. Semoga melalui upaya penyaluran dan wadah minat dan bakat peserta didik ini nantinya mereka akan mempunyai keterampilan dalam memanfaatkan produktifitas mereka. (kun)