Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan guna menyambut kedatangan pasa peserta didik baru. MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat persaudaraan. Salah satu materi pokok MPLS di SMA Negeri 1 Seyegan adalah Profil Pelajar Pancasila.

Materi Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan MPLS ini dikemas dalam beberapa rangkaian kegiatan. Dimulai dengan sosialisasi secara umum kepada seluruh peserta didik kelas X di Hall SMA Negeri 1 Seyegan pada hari Selasa, 12 Juli 2022. Dilanjutkan dengan kegiatan outbound yang juga melibatkan semua siswa di lapangan upacara SMA Negeri 1 Seyegan. Kegiatan outbound ini sebagai slaah satu bentuk praktik nyata implementasi profil pelajar Pancasila dalam kehidupan. Setelah peserta didik selesai outbound, mereka melakukan diskusi secara kelompok di dalam kelas guna memperdalam pengetahuan mengenai profil pelajar Pancasila.

Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan presentasi yang dilakukan pada hari Kamis, 14 Juli 2022. Presentasi dilakukan oleh beberapa kelompok yang terpilih, dihadapan seluruh peserta didik kelas X.

Profil Pelajar Pancasila bukanlah suatu bahan yang masuk ke dalam mata pelajaran khusus seperti PPKN, tetapi terintegrasi kedalam semua mata pelajaran yang diajarkan dalam kurikulum merdeka, sehingga diharapkan setelah diajarkan dibiasakan, dilatih secara konsisten, menjadi kebiasaan, menjadi karakter, dan membudaya.