Buah parijoto dengan nama ilmiah Medinilla speciosa dipercaya memiliki banyak khasiat untuk pengobatan. Hal ini berkat kandungan tanin, glikosida, saponin, dan flavonoid. Makanan ini memiliki sifat anti-inflamasi. Untuk mengetahui tentang buah parijuto dan manfaatnya, berikut beberapa fakta yang perlu Anda ketahui:

  • Buah parijuto tumbuh di Indonesia

Anda masih belum mengetahui tentang buah Parijuto. Buah anggur ini bisa dimakan. Menurut sejarahnya, buah parijuto tumbuh di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Bahkan tumbuh liar di dataran tinggi. Buah parijuto tumbuh baik pada ketinggian 800 hingga 2300 meter di atas permukaan laut dan di kawasan hutan tropis. Anda bisa menemukannya di Gunung Andong dan Gunung Moria, Indonesia. Buah Parijuto kemudian menyebar ke Kalimantan dan Filipina, sehingga dikenal dengan nama anggur Asia.

  • Baik untuk kesehatan kulit

Produk parijutto dikatakan bermanfaat sebagai salah satu bahan dalam produk kecantikan. Ekstrak buah parijuto mengandung flavonoid, sumber antioksidan yang efektif menjaga kesehatan kulit. Menurut sebuah penelitian, ekstrak buah parijoto baik sebagai bahan pembuatan minyak tangan dan tubuh.
Produk ini juga dapat digunakan sebagai tabir surya. Sebuah penelitian juga mengemukakan bahwa buah parijuto dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan tabir surya. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoidnya, yaitu komponen yang mampu mencegah efek berbahaya dari paparan sinar UV.

  • Meningkatkan kesuburan wanita

Produk ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan wanita. Hal ini berkat antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin yang dikandungnya. Kandungan tersebut mampu menetralisir dampak radikal bebas. Memperbaiki pola makan sangat baik untuk ibu hamil. Namun, hasilnya mungkin memerlukan penelitian lebih lanjut.

  • Dapat digunakan sebagai obat kanker

Cara memanfaatkan buah parijoto sebagai obat kanker, cukup ambil 4 sampai 6 gram buah parijoto yang sudah dicuci bersih. Kemudian tumbuk hingga halus dan larutkan dalam 100 ml air mineral. Kemudian cucilah dua kali sehari sampai infeksinya hilang.

  • Menurunkan kadar gula darah

Banyak penderita diabetes mencari pengobatan herbal. Saat ini sudah banyak pilihan makanan alami yang bisa digunakan untuk mengobati diabetes. Salah satunya adalah buah parijoto. Ternyata kandungan flavonoid di dalamnya mampu menurunkan kadar gula darah. Namun untuk memastikannya, selalu perlu dilakukan banyak penelitian atau bertanya pada dokter yang Anda tangani.

  • Menjaga berat badan

Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, ekstrak etanol buah parijutto dapat menurunkan kadar trigliserida. Ini juga mengurangi risiko penambahan berat badan sekitar 35%