Olahraga adalah sebuah aktivitas fisik yang sangat baik untuk kesehatan dan penting untuk dilakukan secara rutin. Walaupun berada dalam kesibukan, olahraga / aktivitas fisik ringan tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apapun jenis olahraganya, mengaktifkan seluruh anggota tubuh bermanfaat secara fisik, mental, dan menyehatkan tubuh. Seseorang yang mungkin jarang melakukan olahraga akan rentan terkena penyakit, selain itu kekebalan tubuh orang yang sering melakukan olahraga akan terbentuk sempurna sehingga dapat melindungi dari penyakit. Olahraga dapat dinyatakan sebagai cara yang mudah dan efektif untuk dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi kesehatan jasmani dan  meningkatkan angka harapan hidup. Olahraga tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang sehat tetapi memberikan dampak positif terhadap pasien dengan penyakit kronis.

Hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum melakukan olahraga :

1.      Pemanasan

Pemanasan membantu meningkatkan suhu tubuh sebelum olahraga, juga untuk membantu mempersiapkan kondisi tubuh dan mengurangi kemungkinan cedera saat berolahraga.

2.      Minum air putih.

Dengan minum air putih sebelum olahraga akan tetap terhidrasi, dan membuat lebih berenergi.

3.      Makan

Anda tidak perlu memaksakan diri untuk makan sebelum berolahraga tetapi jangan abaikan bila merasa tubuh membutuhkan energi. Jika tidak ada makanan di perut, tidak ada energi yang dapat dikeluarkan.

4.      Gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang sesuai.

Mengenakan pakaian olahraga yang tepat akan membantu merasa lebih nyaman, memiliki daya tahan yang lebih baik, dan membuat latihan lebih menyenangkan.

5.      Siapkan handuk kecil.

Sebelum berolahraga, sebaiknya menyiapkan handuk kecil untuk mengeringkan keringat. Hal ini dapat membantu terhindar dari risiko iritasi pada kulit.

6.      Apabila mengalami cedera saat berolahraga, segera menghentikan kegiatan dan beristirahat. Apabila terdapat keluhan kesehatan lainnya, segera periksakan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Manfaat Melakukan Olahraga

Berikut ini manfaat melakukan olahraga yaitu :

1.    Mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.

2.    Membakar kalori di dalam tubuh.

3.    Menyehatkan jantung

4.    Mencegah terjadinya obesitas.

5.    Mengurangi stres.

6.    Mengurangi risiko terkena diabetes melitus.

7.    Menguatkan tulang, sendi, dan otot.

8.    Lebih berenergi dan memiliki suasana hati lebih baik.

9.    Tidur lebih berkualitas.

Kiat mencegah cedera pada saat olahraga :

1.      Memilih olahraga yang tepat.

2.      Menggunakan peralatan olahraga yang tepat.

3.      Lakukan pemanasan dan pendinginan.

4.      Jangan berlebihan

5.      Cukupi kebutuhan minum.

6.      Mendapat bimbingan dari ahlinya.

 

sumber : https://promkes.kemkes.go.id. , https://yankes.kemkes.go.id/