SMA Negeri 1 Seyegan dalam mengisi awal bulan Ramadhan pada Rabu, 13 Maret 2024 melaksanakan kegiatan pembinaan oleh pengawas Pembina dari balai dikmen kabupaten Sleman. Dalam kegiatan pembinaan ini hadir Bapak Mujiyono dan Bapak Agus Priyantoro. Pembinaan pegawai terutama untuk pendidik dan tenaga kependidikan bukanlah sebuah momok yang harus ditakuti oleh semua warga sekolah. Pengawas Pembina adalah mitra dalam memperbaiki kualitas pendidik, tenaga kependidikan, dan satuan pendidikan.

Pembinaan pegawai untuk pendidik dan tenaga kependidikan sebagia suatu usaha yang berwujud layanan professional yang diberikan oleh pengawas kepada pendidik dan tenaga kependidikan di suatu satuan pendidikan. Pengawas sekolah mempunyai fungsi sebagai supervisor baik supervisor akademik ataupun manajerial. Pengawas sekolah mempunyai kewajiban membantu kemampuan professional pendidik agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

Di awal kegiatan Bapak Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kelas saat ini tidak lagi sebagai sebuah ruangan tertutup untuk orang lain. Saat ini sudah harus menjadi kesepahaman bersama bahwa siapapun dapat menjadi coach supervise bagi rekannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Bapak Kepala Sekolah juga menyampaikan bahwa semua warga sekolah harus mengawal program besar sekolah yaitu SBO (Sains Budaya dan Olahraga) agar segera terwujud menjadi program pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengkombinasikan antara bakat dan minat akan mewujudkan prestasi. Imbuh Bapak Kepala Sekolah.

Bapak Mujiyono selaku koordinator pengawas Pembina Balai Dikmen Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa setiap warga sekolah harus mempunyai peran di dalam berbagai kegiatan sekolah. Tentunya setiap masing-masing mempunyai kemampuan dan peran dalam bidang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya. Sehingga ketika melaksanakan program sekolah tentu yang akan terlibat dan menjadi koordinator adalah warga sekolah yang memahami bidang tersebut. Namun apabila dikaitkan dengan program SBO tentu semua warga sekolah harus memahami visi dan misi dari program besar ini.

Bapak Agus Priyantoro menyampaikan hal penting juga, bahwa untuk menjadi seorang guru yang baik harus benar-benar mengasah kemampuannya dalam bidang profesi ataupun pedagogiknya. Penilaian dari sesama guru dalam kegiatan belajar mengajar sudah tidak lagi menjadi hal tabu dan asing. Masukan dari teman atau rekan lain dapat memberikan refleksi bagi guru lain untuk perbaikan selanjutnya. Maka penting kiranya bagi sekolah untuk merencanakan kegiatan seperti studi banding untuk meningkatkan kualitas dan mutu sekolah. (kun_litbang)