Seperti sampaikan sebelumnya bahwa, tanggal 4 – 6 Maret 2024 merupakan pelaksanaan Asesmen Standarisasi Penilaian Daerah atau ASPD pertama kali dilaksanakan untuk jenjang Sekolah Menengah Atas. ASPD merupakan salah satu instrumen pengukuran yang digunakan untuk melihat kemampuan akademis peserta didik pada tingkat Akhir jenjang sekolah. Selama ini pelaksanaan ASPD diterapkan untuk jenjang SD dan SMP. ASPD merupakan sistem pengukuran kemampuan akademik siswa yang dapat dijadikan pemetaan kondisi sekolah. Materi yang diujikan ASPD SMA meliputi Tes Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, Penalaran Matematika, Literasi Sains, Literasi Sosial dan Literasi Bahasa.

ASPD untuk kelas XII SMA Negeri 1 Seyegan dilaksanakan dalam tiga sesi. Menurut Bapak Panji selaku proctor dan admin sekolah disampaikan bahwa ada beberapa kendala dari kegiatan ASPD ini. Sementara itu ada beberapa peserta didik yang mengikuti POPDA dari beberapa cabor yang terpaksa tidak dapat mengikuti kegiatan ASPD ini.

Peserta didik selama mengikuti ASPD dalam pantauan dan motivasi wali kelas yang menjalin komunikasi dengan orang tua siswa. ASPD untuk jenjang SMA memberikan pengalaman belajar yang baru bagi mereka. Menurut Fransisca kelas XII IPS misalnya, ASPD untuk soal IPS terutama sosiologi ternyata sesuai dengan yang kita pelajari selama ini buk.

Berdasarkan inventarisasi dari proktor dan admin, bahwa kendala menggunakan tes semi online adalah :

  1. Setting computer menggunakan jaringan lokal yang kadang putus koneksi
  2. Daya arus yang terkadang sering tidak kuat
  3. Persiapan minim di Tengah padatnya berbagai kegiatan kedinasan
  4. Computer dan UPS yang terkendala karena off dan rusak sementara itu tidak ada Cadangan

Solusi yang coba diterapkan oleh para proktor adalah :

  1. Jeda sesi digunakan untuk perbaikan singkat kondisi jaringan dan komputer yang rusak
  2. Pengurangan beberapa lampu dan ac untuk mengurangi lonjakan arus ketika siang hari
  3. Berusaha saling koordinasi antartim magar kegiatan ASPD dapat berjalan lancar

Semoga kendala yang dihadapi ini dapat menjadi evaluasi dan tindak lanjut untuk kegiatan serupa. (kun_litbang)