Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS Bhisma Masa Bakti 2022-2023 untuk pertama kali dilaksanakan di luar sekolah. LDK dilaksanakan di hotel Wijaya 2 Kaliurang pada Kamis – Jumat, 19-20 Oktober 2022. atihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat.

Acara yang diusung pada LDK tahun ini adalah wawasan wiyata mandala, Penyuluhan tentang Bahaya Narkotika yang disampaikan oleh Polresta Sleman, Dasar-Dasar Kepemimpinan oleh Kepala Balai DIkmen Sleman, dan pembuatan program kerja dari masing-masing Sekbid. Manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya Latihan Dasar Kepemimpinan adalah :

Melatih Rasa Percaya Diri

LDK menjadi kegiatan yang tepat untuk melatih dan menumbuhkan rasa percaya diri kamu. Selama kegiatan LDK kamu akan dilatih untuk menjadi lebih percaya diri melalui berbagai materi yang disampaikan. Ada kalanya kamu harus menyampaikan presentasi atau berbicara di depan orang banyak.

LDK juga merupakan ajang yang pas untuk menambah kenalan dan berinteraksi dengan teman yang lebih banyak. Kamu tidak akan merasa canggung lagi kalau harus bersosialisasi dengan orang baru.

Belajar untuk Menyelesaikan Masalah

LDKS yang umum dilakukan untuk para calon pengurus OSIS salah satunya bermanfaat untuk melatih kamu bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dengan tepat. Fasilitator LDK akan memberikan berbagai permainan yang sebenarnya bertujuan untuk melatih kamu menyelesaikan masalah yang ada.

Kamu dituntut untuk berpikir bagaimana caranya bisa memenangkan atau menyelesaikan permainan baik secara mandiri maupun berkelompok dengan teman lainnya. Di kehidupan nyata permasalahan seperti di dalam permainan tersebut bisa saja kamu temui sehingga kamu menjadi lebih tahu bagaimana cara menyelesaikannya.

Mengasah Kemampuan Organisasi

Nanti setelah lulus sekolah dan kuliah kemudian bekerja kamu tidak mungkin melakukannya sendirian. Saat bekerja kamu harus berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain sehingga diperlukan kemampuan berorganisasi yang baik supaya semuanya bisa berjalan lancar.

Ketika sudah bekerja nanti kamu akan bergabung dengan sebuah organisasi yang bernama perusahaan. Melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di sekolah kamu sudah belajar bagaimana nanti harus bekerjasama di dalam organisasi bernama perusahaan tersebut.

Memupuk Sifat Kepemimpinan

Salah satu manfaat dari Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi para siswa adalah untuk memupuk sifat dan jiwa kepemimpinan. Kamu yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar akan menjadi generasi penerus dan pemimpin-pemimpin dalam 10 atau 20 tahun ke depan. Tantangan di masa depan tidak akan menjadi semakin mudah namun semakin berat sehingga diperlukan seorang pemimpin yang tangguh dan kuat.

Agar bisa menemukan pemimpin yang tangguh dan sesuai dengan kualifikasi diperlukan seleksi yang cukup ketat. Seleksi tersebut bisa dibuat ataupun terjadi secara natural yang disebut sebagai seleksi alam. Kamu yang sudah mengikuti LDK saat masih sekolah memiliki peluang yang lebih besar tampil sebagai pemimpin masa depan.

Sarana Pengembangan Diri

Melalui materi-materi yang diberikan dalam LDK kamu bisa menemukan apa kelebihan yang dimiliki sehingga bisa dioptimalkan sejak dini. Kelebihan dan potensi diri yang dikembangkan sejak awal bisa menjadi bekal kesuksesan kamu di masa depan. Apalagi melalui LDK kamu juga dilatih untuk berpikir dan memecahkan masalah yang akan melengkapi potensi dalam diri kamu nantinya.