SMA Negeri 1 Seyegan melaksanakan wisuda purna siswa kelas XII tahun 2013  pada hari Sabtu, 6 Mei 2023 di Hotel Prima SR, Jalan Magelang, Sleman, Yogyakarta. Sebanyak 323 purna siswa kelas XII SMA Negeri 1 Seyegan mengikuti acara wisuda  yang dilaksanakan di Hotel Prima SR. Jumlah tersebut terdiri dari  143 siswa Program MIPA dan 180 siswa Program IPS. Selain orang tua wali siswa, acara wisuda tersebut dihadiri pula oleh para tamu undangan, antara lain: Kepala Balai Dikmen Sleman-Bapak Tukiman, S.Pd. M.T., Pengawas Managerial Sekolah-Bapak Agus Priyantoro, S.Pd., M.Pd., ketua Komite Sekolah SMA Negeri 1 Seyegan-Bapak Aris Priyanta, S.Pd., M.Or., perwakilan pengurus Komite Sekolah SMA Negeri 1 Seyegan, serta perwakilan dari unsur Polsek dan Koramil Seyegan.

Prosesi wisuda dimulai pada pukul 08.00 dengan diawali kirab yang terdiri dari iring-iringan tim penari klasik, irin-iringan Bapak Kepala Sekolah beserta para Wakil Kepala Sekolah,dan disusul rombongan wisudawan –wisudawati dari 9 kelas XII. Pada sesi pertama, Kepala SMA negeri 1 Seyegan, Bapak Kristya Mintarja, S.Pd., M.Ed.St. mewisuda  purna siswa berprestasi yang merupakan juara umum masing masing program dan purna siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Juara umum 1, 2, dan 3 untuk program MIPA yang masing-masing diraih oleh Abidah Ardelia Nurtin, Batista Varani Bravinda Bintasani, serta Asri Utami, dan juara umum 1, 2, dan 3 untuk program IPS yang masing-masing diraih olehMuhammad Ridho Dwi Saputra, Muhammad Dwivan Rizki dan Fikri Hadi Wirawan. Sedangkan purna siswa berprestasi yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP sebanyak 52 purna siswa di mana 2 diantaranya yaitu Abidah Ardelia Nurtin dan Muhammad Ridho Dwi Saputra juga merupakan peraih 3 besar juara. Sebagai bentuk penghargaan atas pencapain prestasi, sekolah juga memberikan hadiah unik berupa uang seribu rupiah berbingkai pigura. Pada sesi berikutnya, wisuda untuk purna siswa dari setiap kelas dilakukan oleh wali kelas masing-masing.

Mengawali sambutannya Kepala SMA Ngeri 1 Seyegan, Bapak Kristya Mintarja, S.Pd., M.Ed.St.  membacakan puisi berjudul “AKU” karya pujangga Chairil Anwar. Dalam kesempatan tersebut beliau menyatakan pesan kepada seluruh purna siswa agar tetap bekerja keras dan berjuang sekuat tenaga menggapai sukses dengan menerjang semua rintangan seberat apapun. Beliau juga menambahkan bahwa seluruh purna siswa harus mampu mengembangkan ilmu dan kecakapan yang diperoleh selama belajar di SMA Negeri 1 Seyegan sebagai modal untuk mencapai kesuksesan. Kedua hal tersebut menurut beliau merupakan perwujudan dari makna puisi ‘AKU” dan  hadiah uang seribu rupiah sebagai simbol modal yang diberikan oleh sekolah.

Keseluruhan rangkaian acara wisuda purna siswa yang mengambil tema “Alumni Berprestasi Membangun Negeri”  berakhir pada pukul 12.00 dengan ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Bapak Ardani Ahmad S.PdI., pengampu mata pelajaran PAI. Selanjutnya  para purna siswa memanfaatkan waktu untuk mengabadikan momen bahagia tersebut dengan berfoto di spot foto yang disediakan di dalam area hotel maupun area luar hotel.