Sobat SMANSey, hasil lomba pengelaan website sekolah antar SMA/SMK beberapa hari yang lalu SMA Negeri 1 Seyegan mendapatkan juara harapan 1 dari 5 sekolah yang masuk menjadi finalis. Hasil yang cukup memuaskan bagi tim litbang sekolah. Namun begitu tim litbang dan tim website sekolah tentu perlu untuk mengevaluasi ketercapaian hasil kejuaraan tersebut. Selain tampilan dalam website salah satu yang penting menjadi konten dalam website sekolah adalah konsistensi dalam menulis artikel atau berita. SMA Negeri 1 Seyegan sudah menerapkan prinsip One Day One Post atau dengan kata lain setiap hari harus ada satu posting an di website sekolah. Artikel atau berita yang dikirimkan baik oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan masuk ke dapur redaksi untuk di edit, diolah dan dikurasi kemudian jika layak maka artikel atau berita tersebut akan diterbitkan.

Memang membangun konsistensi menulis di website sekolah tidaklah mudah. Konten artikel yang disajikan juga memerlukan topik yang sesuai dan tentunya diupayakan selalu update. Konsistensi menulis memang diperlukan agar prinsip ini tetap akan dipegang oleh seluruh civitas akademika di SMA Negeri 1 Seyegan.  Dari aspek bahasa dibagi atas empat yaitu aspek menulis, menyimak, membaca dan berbicara. Aspek menulis menjadi perhatian utama pada tulisan ini. Mengingat minat menulis tidak banyak digeluti oleh banyak orang.

Berikut ini beberapa tips agar konsisten menulis di website tetap dapat menjadi prinsip bagi kita semua :

  1. Menentukan tujuan
  2. Membuat outline
  3. Menuliskan topik dan ide gagasan yang akan dibuat dalam postingan
  4. Mulai menulis dengan tulisan pendek
  5. Fokus dan konsisten menulis

Semoga dengan niat dan harapan untuk selalu menulis dapat membantu pengembangan website sekolah terutama bagi SMA Negeri 1 Seyegan (kun_litbang)