Sobat SMANSey, sudah tahukan bahwa di SMA Negeri 1 Seyegan mempunyai satu program khusus yang menjadi ciri dari sekolah. Boleh disampaikan di sini bahwa SBO sebagai Mata pelajaran keberbakatan ini tidak lain adalah kegiatan ektrakurikuler yang diselenggarakan ke dalam intrakurikuler dengan pengelolaan yang lebih sistematis dari sisi kelengkapan administrasi dan tata laksana, yang dilaksankan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan tindak lanjut. Pembelajaran Keberbakatan dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 13.30-15.30. Adapun materi mata pelajaran keberbakatan ini sesuai dengan jenis atau bidang kegiatan keberbakatan sesuai dengan minat dan bakat peserta didik yang disesuaikan dengan potensi sekolah yang meliputi ketersediaan sarana prasarana, ketersediaan sumber daya manusia yaitu guru dan pelatih, serta daya dukung pembiayaan dari pemerintah, orang tua maupun pihak lain yang sifatnya tidak mengikat. Adapun mata pelajaran keberbakatan ini dikelompokkan kedalam tiga kelompok besar yaitu Sains, Budaya dan Olahraga yang selanjutnya disingkat SBO. Potensi bakat dan minat peserta didik dikelompokkan dalam tiga kategori tersebut, dengan uraian sebagai berikut:

Kelompok Sains

Kelompok ini memfasilitasi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang ilmu pengetahuan yang meliputi IPA, IPS, Bahasa dan Sastra, Kewirausahaan, dan Keterampilan. Pada kelompok ini akan dilakukan pembinaan dan pelatihan dalam bentuk kegiatan kajian literasi, penelitian, praktik-praktik, penulisan karya ilmiah, penulisan karya sastra dan bahasa, pembuatan produk, pameran produk, keikut sertaan lomba karya ilmiah dan lomba karya yang lainnya.

Kelompok Budaya dan Seni

Kelompok ini memfasilitasi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang seni dan budaya yang bersifat benda dan non-benda serta seni pertunjukan. Pada kelompok ini pembinaan dan pelatihan di bidang seni dan budaya mendalami maupun menciptakan karya seni. Hasil pembinaan dan pelatihan seni budaya akan ditampilkan dan disajikan dalam bentuk pertunjukan, pameran, keikut setaan dalam lomba, festival ataupun keterlibatan dalam mendukung kegiatan seni dan budaya di masyarakat.

Kelompok Olahraga

Kelompok ini memfasilitasi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga baik yang bersifat individu maupun tim. Pada kelompok ini, pembinaan dan pelatihannya untuk pencapaian prestasi olahraga, sehingga tujuannya menghantarkan peserta didik untuk mengikuti kejuaraan dan seleksi berjenjang. Pembinaan dan pelatihan dirancang untuk mengasah kemampuan teknis, strategi, dan pembekalan psikologis mental bertanding.

Adapun jenis atau bidang kegiatan pembinaan, pelatihan, dan pembelajaran keberbakatan ini akan diuraikan lebih lanjut pada Kurikulum Keberbakatan. Demikian sekilas pengenalan tentang mata pelajaran SBO sebagai mata pelajaran keberbakatan. (kun_Litbang)