Sobat SMANSey, seperti diketahui salah satu kelas unggulan di SMA Negeri 1 Seyegan adalah Kelas Khusus Olahraga atau biasa disebut KKO. Banyak peserta didik dari SMP sekitar dan dari luar DIY setiap tahunnya tertarik untuk mendaftar di kelas ini. Rombongan belajara yang hanya sejumlah 36 siswa di satu kelas menjadi langganan bagi peserta didik yang berbakat dalam bidang olahraga. Setidakanya 150 peserta didik yang mendaftar untuk mengisi kuota KKO di SMA Negeri 1 Seyegan. Dalam penyelenggaraan KKO ini sekolah bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universtas Negeri Yogyakarta yang menggandeng n Dispora dan beberapa SMA di DIY untuk melaksanakan tes kecaboran dan tes fisik.

SMA yang mempunyai Kelas Olahraga antara lain SMA N 2 Ngaglik, SMA N 1 Seyegan, SMA N 4 Yogyakarta, MAN 2 Yogyakarta, SMA N 1 Sewon, SMA N 1 Pengasih, SMA N 1 Lendah, SMA N 2 Playen, SMA N 1 Tanjungsari ini akan dijadwalkan dalam pelaksanaan tes fisik dan kecaboran. Untuk sekolah di lingkungan kota Yogyakarta, kabupaten Bantul, dan kabupaten Sleman tes dilaksanakan di GOR UNY, sementara untuk di lingkungan Kabupaten Gunung Kidul di lapangan UNY Gunung Kidul, dan untuk lingkungan Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan di Kampus UNY Wates.

Tes fisik dan kecaboran untuk calon peserta didik KKO SMA Negeri 1 Seyegan tahun 2024 dilaksanakan pada 18 Mei 2024 di GOR UNY. Sebelum tes dilaksanakan di UNY, tim PPDB KKO melaksanakan kegiatan simulasi tes fisik dan tes kecaboran yang berlangsung di lapangan dan GOR SMA Negeri 1 Seyegan pada Kamis, 16 Mei 2024. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk memberikan gambaran tentang materi tes yang akan diujikan di UNY. Item yang menjadi target dari tes di UNY adalah antropometri (TB dan BB), Tes Kecepatan (Sprint 30 M), TEs Kelentukan (Sit and Reach), Tes Kecepatan Reaksi (Smart WBR), Tes Power Tungkai (Vertical Jump), Tes Power Lengan (Shocken), Tes Daya Tahan Aerobuk (MFT), Tes Cabor. Dari beberapa item tes tersebut kemudian seluruh calon peserta didik diberikan form untuk melaksanakan tes-tes yang telah disediakan di sekolah.

Simulasi di sekolah dilaksanakan sesuai dengan materi yang  biasanya ada di UNY. Sementara untuk tes kecaboran yang dilaksanakan pertandingan atau sparing antar peserta adalah cabang olahraga sepakbola dan bola voli mengingat peserta di kedua cabang tersebut cukup banyak. Selain untuk memberikan gambaran tes yang akan dilaksanakan di UNY, calon peserta didik diharapkan juga termotivasi dan memantabkan diri untuk menjadi bagian dari SMA Negeri 1 Seyegan. (kun_litbang)