Sobat SMANSey, informasi seputar sekolah berkaitan dengan kelulusan diawali dari rapat Pleno Dewan Guru SMA Negeri 1 Seyegan mengenai kelulusan peserta didik Tahun Pelajaran 2023/2024 yang dilaksanakan Senin, 29 April 2024 di Laboratorium Fisika. Dipimpin oleh Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Seyegan yang dihadiri seluruh Waka, Wali Kelas XII dan Dewan Guru.

Setelah mendengar saran dari Wali Kelas, guru PKn, Guru Agama, Guru BK dan Guru mata pelajaran yang lain, maka peserta didik SMA Negeri 1 Seyegan tahun pelajaran 2023/2024 sesuai kriteria kelulusan yang telah disepakati yaitu :

Menyelesaikan program pembelajaran dari kelas X sampai XII dibuktikan dengan rapor tiap semester Memperoleh nilai sikap spiritual dan sikap sosial minimal baik, dan Mengikuti ujian sekolah yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Untuk pengumuman kelulusan yang diselenggarakan di Hall Atas SMA Negeri 1 Seyegan Senin, 6 Mei 2024 peserta didik yang hadir di sekolah hanya peserta didik yang mempunyai nilai tertinggi. Undangan pengumuman ditujukan kepada bapak ibu orangtua/ Wali. Pengumuman dilaksanakan secara serentak pukul 10,00 WIB secara offline di sekolah dan juga melalui website sekolah. Sementara itu untuk penerbitan Surat Keterangan Lulus (SKL) dapat diambil mulai tanggal 7 Mei 2024. Peserta didik tidak diperkenankan merayakan kelulusan secara berlebihan baik pawai, core-coret ataupun aktivitas lain yang mengganggu masyarakat.

Tahun 2024 SMA Negeri 1 Seyegan tidak mengadakan ceremonial pelepasan atau wisuda purna siswa. Adapun hal yang melatarbelakangi ketiadaan wisuda diantaranya adalah polling dari siswa hanya berkisar 40 persen yang menghendaki dan pertimbangan lainnya. (kun_litbang)