Taruwara merupakan salah satu fasilitas belajar berupa green house di SMA Negeri 1 Seyegan. Taruwara ini berbentuk bangunan yang berkerangka, dibentuk menggelembung, diselubungi paranet atau sejenis jaring berwarna hitam yang dapat melindungi tanaman di dalamnya dari cahaya matahari berintensitas tinggi. Bangunan Taruwara memiliki luas 18 m2. Di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman, seperti aglonema, kaktus, anggrek, sirih gading, krokot, sarang burung, ekor tupai, serta masih banyak jenis yang lain.

Taruwara memiliki fungsi utama untuk mengarantina tanaman-tanaman yang sedang sakit atau sedang membutuhkan perlakuan khusus agar tetap bertahan hidup dan tumbuh baik lagi. Disisi lain secara lebih luas Green House Taruwara ini memiliki fungsi sebagai media dan sarana belajar siswa-siswi SMA Negeri 1 Seyegan. Selain itu green house ini juga berfungsi sebagai salah satu tempat budidaya dan agro shop.

Keberadaan Taruwara ini juga dalam rangka mendukung SMA Negeri 1 Seyegan yang menyandang predikat sebagai sekolah Adiwiyata. Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan sehingga menjadi tempat yang ideal untuk mewujudkan tanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Tentu dengan tetap memperhatikan fungsi utama sekolah sebagai tempat memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma, serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju tercapainya kesejahteraan hidup dalam menuju cita-cita pembangunan berkelanjutan.