Senin, 24 Mei 2021, Tim Adiwiyata SMA Negeri 1 Seyegan melakukan kunjungan studi tiru ke SMA Negeri 1 Cangkringan.  SMA Negeri 1 Cangkringan adalah sekolah yang berlokasi di Jalan Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman ini dipilih untuk dijadikan sebagai sekolah pendamping dalam menuju sekolah Adiwiyata. SMA Negeri 1 Cangkringan sebagai salah satu peserta sekolah adiwiyata nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta.

Adapun maksud dan tujuan kunjungan tim ke SMA Negeri 1 Cangkringan adalah untuk “belajar” mempersiapkan program adiwiyata yang akan dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Seyegan tahun 2021 ini. Selain dalam rangka belajar, tim juga melakukan penandatanganan MoU pendampingan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program Adiwiyata.

Beberapa hal yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah bahwa adiwiyata bukan hanya sebatas lomba namun lebih kepada program pembiasaan. Dalam pelaksanaannya program Adiwiyata tetap harus dipromosikan. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media sosial untuk dapat lebih memasyarakatkan program Adiwiyata. Terkait dengan persiapan yang akan dilaukukan untuk menuju sekolah Adiwiyata kabupaten adalah administrasi, segi fisik lingkungan sekolah, dan pembentukan karakter. Selain itu juga diperoleh informasi dalam upaya membentuk karakter peserta didik dan pendidik tenaga pendidikan agar tercipta partisipasi aktif antara semua pihak.

Di akhir kegiatan tim diberikan kesempatan untuk berkeliling sekolah mengamati lingkungan fisik sekolah dengan berbagai kegiatan berkaitan dengan program Adiwiyata yang telah dilakukan SMA Negeri 1 Cangkringan. Banyak hal baru, inovasi, dan motivasi yang di dapat oleh tim untuk bekal dalam mempersiapkan program Adiwiyata SMA Negeri 1 Seyegan.

Sahabat SMASey, tentunya perlu dukungan banyak pihak terhadap program Adiwiyata. Dukungan dari Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Pendidikan sangat membantu dalam keterlaksanaan program nantinya. Semoga apa yang telah direncanakan dapat dilaksanakan dengan lancar, baik, dan sukses. Melalui niat dan semangat Go Clean, Go Healthy, Go Smart semoga dapat mewujudkan cita-cita menjadi sekolah berwawasan lingkungan yang aman dan bebas bencana. Salam lestari (kun)