Sahabat Smasey, SMA kita tercinta tahun 2021 ditunjuk menjadi salah satu diantara beberapa sekolah untuk mengikuti program lomba sekolah adiwiyata. Apa itu adiwiyata? Adiwiyata (Green School) adalah salah satu program dari kementerian negara untuk lingkungan yang bertujuan untuk mempromosikan penciptaan pengetahuan dan kesadaran di kalangan warga sekolah tentang perlindungan lingkungan. Program Adiwiyata adalah salah satu program kerja tingkat nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup sebagai bagian dari pengembangan pendidikan lingkungan untuk mempromosikan pengetahuan dan kesadaran di kalangan warga sekolah untuk melindungi lingkungan. Program ini berharap bahwa semua anggota sekolah akan terlibat dalam kegiatan sekolah untuk lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Menjadi sekolah Adiwiyata adalah harapan setiap sekolah di negara ini. Namun, komponen dan standar sekolah Adiwiyata kadang-kadang bukan milik semua sekolah. Oleh karena itu harus dipersiapkan dengan baik sebelum sampai penilaian.

Fungsi dari program Adiwiyata adalah bahwa semua siswa terlibat dalam semua kegiatan sekolah atau kegiatan menuju lingkungan yang sehat dan juga dapat menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang baik dan ideal untuk memperoleh semua pengetahuan, norma-norma yang berbeda dan juga etika yang dapat menjadi dasar manusia untuk penciptaan kemakmuran dalam kehidupan dan cita-cita pembangunan.

Tujuan dari sekolah Adiwiyata secara umum menjelaskan pembentukan komunitas sekolah yang bijaksana dan juga berkembang di lingkungan dengan menciptakan kondisi yang lebih baik bagi sekolah untuk menjadi tempat belajar dan kesadaran bagi semua anggota sekolah, termasuk sekolah. Bisa jadi siswa, guru, orang tua / tutor siswa dan juga lingkungan masyarakat untuk menciptakan upaya lingkungan.

Warga sekolah juga bertanggung jawab untuk perlindungan lingkungan dan upaya pembangunan berkelanjutan. Mendorong dan membantu sekolah berpartisipasi dalam kegiatan pemerintah yang bertujuan untuk melindungi lingkungan untuk pembangunan berkelanjutan dan untuk menghormati lingkungan demi kepentingan generasi mendatang.

Manfaat dari Program Sekolah Adiwiyata:

  1. Mengubah perilaku penghuni sekolah untuk menerapkan budaya perlindungan lingkungan.
  2. Meningkatkan penghematan pembiayaan sumber daya dengan mengurangi sumber daya dan energi.
  3. Dapat menghindari sejumlah risiko untuk dampak lingkungan di sekolah.
  4. Meningkatkan efisiensi dalam melakukan kegiatan atau aktivitas di sekolah.
  5. Menciptakan kondisi solidaritas untuk semua penghuni sekolah.
  6. Menawarkan kepada kaum muda pembelajaran untuk melestarikan dan mengelola lingkungan yang baik dan benar.
  7. Meningkatkan kualitas dan kondisi pengajaran dan pembelajaran dengan cara yang lebih nyaman dan terjangkau bagi semua penghuni sekolah.

Terkait dengan program adiwiyata, salah satu aksi yang akan dilaksanakan adalah Program GPBLHS. Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) menurut Permen LHK No. 52 tahun 2019 adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Program GPBLHS bisa dimulai dengan diintegrasikan dalam kegiatan ekstrakuriuler dalam bentuk budaya atau pembiasaan, misalnya dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan, tidak merusak lingkungan, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya sehingga GPBLHS jangan hanya dilaksanakan secara insidental namun harus selalu ada dalam setiap gerak kita.

Selain itu GPBLHS juga dapat diintegrasikan dengan pembelajaran melalui pemuatan dalam KTSP satuan pendidikan. Penting dilakukan salah satunya dengan penyusunan RPP harus benar-benar bermakna mengintegrasikan GPBLHS. Hal ini bertujuan agar peserta didik peduli terhadap lingkungan hidup didasari dengan pengetahuan yang kuat, sikap positif dan memiliki keterampilan yang baik dalam menjaga lingkungan hidup.

Awal kegiatan dapat dilakukan dengan menerapkan nilai cinta dan peduli lingkungan pada sekolahnya serta mewujudkan warga sekolah bertanggung jawab terhadap lingkungan. Sekolah menjadi tempat yang baik dan ideal, dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan menuju cita-cita pembangunan. Ada beberapa cara untuk mewujudkan sekolah bersasis lingkungan tersebut. Pertama, partisipatif  yaitu warga sekolah ikut mewujudkan sekolah ramah lingkungan. Tanpa adanya partisipasi dari seluruh warga sekolah, tujuan untuk mewujudkan sekolah ramah lingkungan tidak akan tercapai. Kedua, berkelanjutan yaitu pembangunan yang berkelanjutan untuk mewujudkan sekolah yang berbasis lingkungan. Tidak hanya pembangunan pada saat itu saja tetapi terus berlanjut untuk kedepannya.

Melestarikan lingkungan adalah pilihan. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk memulainya diantaranya sosialisasi dan campaign. Publikasi, kampanye dan edukasi tentang gerakan peduli lingkungan, konservasi air, konservasi energi dan pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan pemasangan poster, stiker, banner, dan tentunya menggunakan berbagai media sosial seperti instagram, aplikasi tiktok, video di  kanal youtube, dan sebagainya. Harapan dari kampanye dan publikasi tersebut tentunya sangat besar sebagai awal agar dengan tercipta sekolah yang bersih dan sehat. Dan marilah kita berupaya menjadi agent of change bagi sekolah agar semangat Go Clean, Go Healthy, Go Smart terinternalisasi dalam diri kita.

Salam lestari. (kun)