Kamis, 20 Juni 2024 adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh peserta didik Kelas XI dan XI SMA Negeri 1 Seyegan. Pembagian raport semester genap tahun ajaran 2023/2024 telah berjalan dengan lancar. Pembagian raport ini menandai berakhirnya pembelajaran semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penerimaan raport ini dihadiri oleh seluruh orang tua peserta didik kelas X dan XI. Sebelum dibagikan di kelas masing-masing orang tua peserta didik dikumpulkan di hall atas untuk mendapatkan pengarahan dan motivasi oleh Bapak Kepala Sekolah.

Pembagian rapor bertujuan untuk mengetahui hasil belajar diri, mengetahui materi apa saja yang belum dapat dikuasai, sebagai motivasi agar meningkatkan cara belajar, dan menjadi tolak ukur seberapa berhasil peserta didik dapat memahami pembelajaran yang telah diberikan. Jika nilai peserta didik bagus maka mereka telah berhasil memahami dan menyerap pembelajaran yang telah diberikan oleh guru dan tentu ini sebuah keberhasilan bagi peserta didik. Namun jika belum bagus, maka ini menjadi evaluasi bagi guru, orang tua, dan peserta didik agar meningkatkan cara belajar dan motivasi dalam belajar.

Selama pembagian raport orang tua atau wali murid dapat berkomunikasi langsung mengenai perkembangan anak mereka mulai dari segi kognitif hingga perilakunya. Raport ini merupakan hasil belajar peserta didik pada semester genap. Nilai ini diambil dari kegiatan selama proses pembelajaran keseharian peserta didik pada saat belajar di kelas. Apapun hasil yang didapatkan oleh peserta didik dapat diterima dengan baik. Diharapkan ke depannya bagi siswa dan siswi dapat bersungguh-sungguh dan meningkatkan kedisiplinan dalam belajar. (kun_litbang)