Tingkat penggunaan teknologi dan internet telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini juga mempengaruhi dunia pendidikan, termasuk di sekolahsekolah. Seiring dengan perkembangan tersebut, pengelolaan website sekolah menjadi hal yang penting untuk menyediakan informasi dan interaksi dengan para stakeholder sekolah. Saat ini, masih banyak sekolah yang memiliki website kurang optimal dalam pengelolaannya. Banyak di antara mereka tidak memanfaatkan fitur- fitur website secara maksimal, kurang memperbarui informasi secara rutin, atau tidak memberikan pengalaman interaktif yang memadai.

Balai Tekkomdik (BTKP DIY) mengadakan Lomba Pengelolaan Website Sekolah yang bertujuan mendorong sekolah dalam mengelola website lebih baik. Lomba ini diadakan untuk memotivasi para pengelola website sekolah agar lebih kreatif, inovatif, dan efektif dalam menyajikan informasi serta mewujudkan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna. Melalui lomba ini, para pengelola website sekolah memiliki kesempatan berbagi ide, belajar dari praktik terbaik, dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola website sekolah.

SobatSMANSey, hari ini Senin, 5 Agustus 2024 Pengelola Website SMA Negeri 1 Seyegan dan Tim Litbang yang dimotori Pak Thomas Panji, menghadiri penjurian finalis lomba website bersama dengan dengan 4 sekolah lainnya di DIY. Tema yang diusung oleh BTKP adalah “Inovasi dan Kreativitas Website Sekolah di Era Digital”. Adapun peserta dari lomba website sekolah h 30 (tiga puluh) Sekolah Model Berbasis TIK atau Jogja Smart School di Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap sekolah model mendapatkan kesempatan dalam mengikuti masa penilaian lomba website sekolah mulai bulan Maret sampaii dengan Juli 2024. Ketentuan teknis penilaian lomba ada beberapa diantaranya mudah diakses, cepat diakses, struktur website jelas, efektifitas fitur pencarian, menu navigasi yang mudah dan efektif, user friendly dan beberapa kriteria lain yang mendukung. Tim website berusaha untuk sebaik-baiknya dalam pengelolaan website sekolah agar informatif untuk semua. Dalam presentasi disampaikan konten, fitur, keunggulan, pengembangan website, dan juga bagaimana SOP dalam pengelolaan website sekolah. Semoga harapan mendapat nilai terbaik bagi sekolah dapat terwujud.

Melalui kegiatan ini adalah website sekolah terkelola dengan baik sehingga mampu memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dalam memanfaatkan akses informasi, memperkuat citra sekolah, dan mempermudah komunikasi antara pengguna dan sekolah. (kun_litbang)