Semua jenjang sekolah di Indonesia mewajibkan siswanya mengenakan seragam. Misalnya, siswa SMA mengenakan seragam putih abu-abu ke sekolah. Pemerintah memutuskan untuk menggunakan seragam mereka.
Menurut catatan sejarah, penerapan peraturan seragam sekolah di Indonesia dimulai pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Sedangkan di dunia sendiri muncul di Inggris sejak abad ke-16.
Di Indonesia, setiap jenjang pendidikan mempunyai warna yang berbeda-beda. Warna seragam diatur dengan Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret 1982. Peraturan ini menjelaskan warna seragam resmi Indonesia dan artinya Putih abu-abu di SMA berarti tenang dan dewasa. Hal ini bagus karena siswa SMA lebih dewasa sehingga harus bisa bertindak lebih bijak dibandingkan siswa SD dan SMP.

Sejarah Seragam Sekolah di Indonesia Kutipan dari Buku Sejarah Kelas SMA/MA

Saat itu semangat kerakyatan dan nasionalisme masih sangat tinggi. Alasan penetapan seragam sekolah adalah untuk menghindari persaingan tidak sehat selama siswa berada di sekolah.
Seragam sekolah dulunya diwarnai. Bahkan salah satu SMA di Yogyakarta tidak mengenal seragam sekolah, siswanya bisa berangkat sekolah dengan pakaian sendiri.

Karena kebijakan seragam sekolah dipatuhi dengan ketat, tidak ada sekolah di Indonesia yang tidak menggunakan seragam.

Inilah alasan mengapa seragam SMA berwarna putih abu-abu, dan juga sejarah pemakaian seragam di Indonesia. Semoga menambah ilmu.