Sepak bola merupakan olahraga beregu yang terdiri dari dua tim yang masing-masing tim berjumlah 11 orang, sehingga keberhasilan dan kemenangan suatu tim tidak bergantung pada satu orang saja, melainkan keseluruhan. Setiap peserta harus mampu mempertahankan gawangnya agar lawan tidak bisa mencetak gol ke gawang kita dan tujuannya adalah mencetak gol ke gawang lawan.Pengertian sepak bola adalah permainan yang berhubungan dengan bola dan gerak tubuh dalam suatu permainan (Muchtar, 1992).

Untuk berlatih olah raga ini diperlukan lapangan rumput dengan panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter, serta bola dengan diameter 68-70 cm dan berat 410-450 gram. Sepak bola telah ada di Olimpiade sejak tahun 1900 (kecuali Olimpiade 1932 di Los Angeles). Awalnya pertandingan ini hanya diperuntukkan bagi pemain amatir, namun sejak Olimpiade Los Angeles tahun 1984, pemain profesional pun mulai ikut bertanding, dan ada aturan yang melarang negara memainkan tim terkuatnya.Saat ini, turnamen Olimpiade putra merupakan turnamen U-23 yang dapat dimainkan oleh beberapa pemain di atas umur.

Oleh karena itu, turnamen ini tidak memiliki kepentingan dan nilai internasional seperti Piala Dunia atau bahkan kompetisi internasional lainnya. Kemudian turnamen olimpiade putri memiliki nilai yang hampir sama dengan Piala Dunia Sepak Bola Wanita. Turnamen ini mempertemukan tim-tim internasional penuh tanpa batasan umur. Sepak bola juga memiliki beberapa organisasi yang mengendalikan olahraga tersebut, seperti FIFA (Fédération Internationale de Football Association), UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa), AFC (Asosiasi Sepak Bola ASIA) dan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

Menurut Kosashi, ia membagi teknik dasar sepak bola menjadi enam bagian, yaitu: “Teknik menyerang, menghentikan bola, menggiring bola, menggiring bola, teknik bola, dan teknik melempar bola”. Pemain sepak bola harus menguasai satu teknik dasar yaitu menendang bola. Teknik dasar memukul bola ada tiga, yaitu pada bagian dalam kaki, pada bagian luar kaki, dan pada telapak kaki (Kosasih, 1999).

Teknik kaki bola ini mempunyai beberapa fungsi penting dalam sepak bola yaitu mengoper bola, memblok bola dan yang terpenting mencetak gol ke gawang lawan. Karena tujuan utama permainan sepak bola adalah meraih kemenangan dengan cara mencetak gol ke gawang lawan (Tarju, 2017).Teknik passing bola terbagi menjadi dua yaitu tembakan jarak dekat dan tembakan jauh. Dengan tembakan jarak dekat, bola dioper ke teman yang berada jauh dari kita. Jika seorang pemain dapat mengoper bola dengan sangat akurat, itu sangat membantu tim mengatur serangannya dan mengarahkan bola lebih dekat ke gawang lawan, sehingga lebih mudah untuk mencetak gol dan memenangkan pertandinganSekaligus, teknik permainannya . mengoper bola dengan tendangan jauh bekerja sangat baik untuk tim bertubuh tinggi dan besar. Pada umumnya pemain yang menggunakan teknik ini tidak terlalu mengandalkan teknik passing jarak dekat, karena bagi mereka teknik passing jauh dapat berguna untuk membuka ruang, menguasai bola dalam latihan dan mempermudah segalanya. sehingga mereka mendapatkan bola di atas kepala mereka. Selain kedua teknik passing di atas, ada pula teknik yang tak kalah penting bagi pemain sepak bola, yaitu teknik dribbling.

Pemain sepak bola yang mahir menguasai teknik ini dan mempunyai keterampilan di atas rata-rata akan sangat menyulitkan tim lawan untuk menahan bola atau memblok bola di kaki penggiring bola.Lionel Messi adalah salah satu contoh pemain yang pandai dalam teknik menggiring bola dan tahu bagaimana menggunakan teknik tersebut dengan kemampuan terbaiknya. Pemain asal Argentina yang saat ini bermain untuk PSG (Paris Saint Germain) di Perancis atau yang kita kenal sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa disebut sebagai raja dribbling. Bukan tanpa alasan, teknik dribblingnya yang handal selalu menyulitkan siapa pun yang berusaha menghentikannya.

Dengan teknik tersebut, ia bisa mengontrol jalannya pertandingan, membuka ruang, melepaskan diri, bahkan mencetak gol. Melihat fenomena tersebut memaksa seluruh pemain sepak bola untuk menguasai teknik tersebut agar lebih mudah memenangkan pertandingan. Selanjutnya kita akan membahas salah satu turnamen terbesar dalam sepak bola yaitu Piala Dunia, turnamen ini mempunyai tingkat kemeriahan dan suasana yang sangat tinggi. di kalangan penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Apalagi Piala Dunia tahun ini yang digelar di Qatar ternyata menjadi Piala Dunia termahal sepanjang sejarah (Hakim, 2022). Selain itu, Piala Dunia di Qatar tahun ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Asia, karena Jepang dan Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun-tahun sebelumnya, sehingga juga dapat mendongkrak semangat dan bakat para pemain dan penggemar sepak bola, untuk mengembangkan bakat agar memiliki kesempatan bermain di Piala Dunia tahun depan.