Rabu, 22 Mei 2024 dilaksankan kegiatan forum group discoussion (FGD) sebagai tindak lanjut pengembangan kajian SMA Negeri 1 Seyegan  sebagai Sekolah Berbasis Sains, Budaya, dan Olahraga (SBO) melalui Biro Bina Mental Setda DIY. Dalam FGD tersebut diawali pemaparan konsep oleh Tim Ahli dan Surveyor yang mendalami dan telah mengambil data dari sekolah mengenai pelaksanaan program tersebut. FGD tersebut dimoderatori ibu Dr. Bevaola Kusumasari, S.IP., M.Si. untuk memandu jalannya diskusi.

Setelah tim ahli dan surveyor memberikan pemaparan kajian yang telah diperoleh selanjutnya disampaikan konsep pengembangan sekolah berbasis sains dan olahraga dalam pembelajaran di sekolah yang disampaikan oleh Ir. Cungki Kusdarjito, M.P., Ph.D (CMA, MAB) dari Universitas Janabadra Yogyakarta. Selain materi tersebut disampaikan juga materi tentang Integrasi Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta dalam Pembelajaran di Sekolah oleh Prof. Dr. Bambang Hudayana, M.A dari UGM.

 

Diskusi berlangsung menarik, semua peserta yang hadir memberikan pendapatnya baik dari Ketua MKKS SMA kabupaten dan Kota, Ketua MKKS SMK kabupaten dan Kota, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Balai Dikmen, Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah DIY, dan tamu undangan. Diskusi yang dibahas seputar implementasi budaya Yogyakarta, potensi Sains dan Olahraga di sekolah dan berbagai tantangan yang dihadapi.

Selain itu disajikan juga presentasi oleh narasumber yang sudah di tunjuk m dewan pendidikan DIY Bapak Cungky dan dari dewan kebudayaan DIY Prof Bambang dari UGM.

Muara dari FGD ini adalah munculnya program yang memfasilitasi ketiga minat dan bakat peserta didik di sekolah untuk nantinya dapat dikembangkan di sekolah lain selain di SMA Negeri 1 Seyegan. (kun_litbang)