Bergodo Sy Hebat SMA Negeri 1 Seyegan pada Jumat Kliwon 3 Mei 2024 berperan serta mengikuti kegiatan kirab Merti Desa Kalurahan Margoagung. Dengan membawa tiga barisan yang menggambarkan SBO SMA Negeri 1 Seyegan dengan semangat mengikutsertakan 150 peserta didik dalam kirab ini.
Diawali dengan barisan pasukan pengibar bendera yanh terdiri dari pasukan tonti, maskot sekolah, bergodo pembawa tombak dan perkusi dari gabungan OSIS, Dewan ambalan, dan Rohis, pasukan profesi dari peserts didik cheers dan dance yang coshplay dengan berbagai pakaian profesi, dan pasukan dari atlit KKO dibarisan paling belakang. Perjalanan kirab dimulai dengan star di lapangan sepakbola SMA Negeri 1 Seyegan. Kirab adalah salah satu dari rangkaian kegiatan Merti Desa Margoagung
Dalam kiran Mbah Bergas menunjukkan tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi, terbukti antusiasme masyarakat untuk ikut dalam pentas seni, berduyun – duyun hadir ikut menyaksikan setiap agenda kegiatan, ikut bergotong royong berswadaya dalam bentuk pendanaan, konsumsi dan tenaga. Dalam agenda kegiatan kirab budaya juga cukup menyedot perhatian masyarakat dan pengunjung  umumnya dari tempat keberangkatan di lapangan SMA N 1 Seyegan sampai tempat tujuan di Balai Ringin Mbah Bregas di Ngino Margoagung dengan jarak sekitar 1,5 km bertumpah ruah penonton.
Kirab budaya diikuti perwakilan Bregodo dari 12 Padukuhan se-Kalurahan Margoagung dan 11 partisipan dengan total peserta 22 kelompok kirab budaya. Sebagai penutup Merti Desa, warga masyarakat Margoagung bersama-sama memperebutkan 5 gunungan yang berisi hasil bumi Kalurshan Margoagunf.Sekolah yang mengikuti kirab ini selain ditingkat menengah yaitu SMA Negeri 1 Seyegan diikuti pula oleh MTS 1 Sleman.
Semoga dengan kerjasama dan peran serta aktif dari SMA N 1 Seyegan dapat semakin memperkuat sekolah menjadi salah satu sekolah berbasis budaya dalam rangkaian program SBO. (kun_litbang)