Balai Besar Guru Penggerak Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan panen hasil belajar pendidikan guru penggeran angaktan 9 kabupaten Sleman pada 27-28 April 2024. Dengan diikuti oleh 196 calon guru penggerak dan 40 pengajar praktik, panen hasil belajar dan kegiatan Lokakarya 7 terlaksana dengan lancar. SMA Negeri 1 Seyegan tahun 2024 ini mempunyai tiga calon guru penggerak yang selama 6 bulan ini telah mengikuti pendidikan guru penggerak.
Kegiatan loka 7 dan panen hasil belajar guru penggerak angkatan 7 ini dilaksanakan di BBPPMVP DIY didukung oleh dinas dikspora kabupaten Sleman dan Dikpora DIY. Para calon guru penggerak tentu telah berkomitmen untuk menjadi guru penggerak perubahan di dunia pendidikan. Dengan menjadi agen penggerak perubahan, para guru harus bergerak untuk menularkan dan mengaplikasikan apa yang sudah diperoleh selama menempuh pendidikan guru penggerak.
Dalam panen hasil belajar 196 calon guru penggerak yang terbagi dalam beberapa kelompok. Mereka membuat stand display untuk memamerkan hasil karya dan program inovasi yang digagasnya. Hasil karya tersebut beraneka ragam, mulai dari produk hasil belajar, media pembelajaran, inovasi serta aktivitas dalam kegiatan pembelajaran
Menurut ibu Kuning salah satu CGP SMA Negeri 1 Seyegan menyampaikan bahwa salah satu tantangan utama yang kita hadapi adalah pembelajaran yang berkualitas. Sebagai guru penggerak tugas kita adalah untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang.

Selama mengikuti pendidikan guru penggerak tentu banyak sekali ilmu, pengalaman, metode dan inovasi yang didapatkan. Selain itu sebagai guru penggerak juga memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan memperhatikan keberagaman. Untuk itu, dengan adanya pertambahan guru penggerak di sekolah tentu dapat membantu memperhatikan potensi yang dimiliki setiap anak agar mereka merasa dihargai, didengar dan didukung dalam proses pembelajaran.
Semoga dengan adanya guru penggerak di sekolah dapar menjadi guru sekaligus penggerak sumber daya manusia memiliki peran dan tanggungjawab besar terutama dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur dan unggul dalam bidangnya.

Semoga SMA Negeri 1 Seyegan dapat terus menjadi garda depan dan pioner pendidikan di DIY. Semoga dengan semakin banyaknya guru penggerak di sekolah akan semakin memperkuat program besar sekolah yaitu SBO (Sains, Budaya, Olahraga). (kun_litbang)