Sobat SMASey, tidak terasa Projek Profil Pelajar Pancasila atau dikenal dengan P5 di Fase E ini telah sampai di tema terakhir yaitu tema 3. Berbeda dengan pelaksanaan P5 sebelumnya yang dilaksanakan dengan sistem Blok, untuk pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila fase E di SMAN 1 Seyegan pada semester ini dilaksanakan dengan sistem reguler, yakni setiap hari Selasa dengan jumlah jp: 5 jp dan Jumat, 8jp. Tema 3 di fase E ini sekolah memilih tema kearifan lokal dengan topik Lestari Budayaku, Cintai Negeriku.

Seperti tema-tema sebelumnya, beberapa tahapan yang akan dilaksanakan di dalam pelaksanaan P5 adalah: tahap brainstorming, tahap kontekstualisasi, tahap aksi, refleksi dan tindak lanjut.

Di bulan ini tahap pertama dimulai yaitu dengan brainstorming dilaksanakan pada Kamis, 18 Januari 2024 dengan mengunjungi Museum Sonobudoyo dan Museum Tani, Yogyakarta.  Kegiatan brainstorming ini diikuti oleh 322 peserta didik fase E SMA Negeri 1 Seyegan bertujuan agar dapat membuka wawasan peserta didik dan menggali potensi yang dimiliki tentang budaya dan kearifan lokal daerah Yogyakarta serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa. Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta didik dapat mengembangkan pola pikir dan mengumpulkan informasi tentang tema kearifan lokal.

Beberapa subtema yang dapat dipilih dalam tema kearifan lokal ini adalah teater, musik/tari, pemanfaatan daun indigo sebagai pewarna alami batik, penulisan fiksi/cerita/dongeng/komik/cerita bergambar dan eksplorasi permainan tradisional.

Untuk pemilihan subtema yang dipilih oleh peserta didik dilakukan melalui link google form. Di setiap subtema aka nada pembimbing/pendamping dari bapak/ibu guru di Fase E. Ikuti terus update kegiatan P5 di SMA Negeri 1 Seyegan melalui website kita ya. SMA Negeri 1 Seyegan, cemerlang, gemilang, dan tak pernah hilang. (kun)