Trobosan baru diambil oleh SMA Negeri 1 Seyegan dalam mengelola bakat dan minat peserta didik. Program Keberbakatan SAINS, BUDAYA, dan Olahraga (SBO) menjadi salah satu program unggulan sekolah yang baru pertama ada di tingkatan SMA di Yogyakarta. Mulai semester dua tahun Pelajaran 2022/2023 telah mulai diluncurkan dan dilaksanakan. Kegiatan tersebut memang mempunyai tujuan untuk mengembangkan konsep Keberbakatan SBO (Sains Budaya Olahraga). Peserta didik akan memilih cabang kegemaran dan bakat yang diminati dan menjadi passionnya. Kegiatan SBO dilaksanakan setiap hari Selasa mulai pukul 13.00 sampai 15.30 WIB.

Sebagai tahap awal program keberbakatan SBO, peserta didik diminta untuk memilih bidang yang mereka minati. Berbagai bentuk kegiatan pengembangan keberbakatan SBO dilakukan dengan prinsip partisipasi aktif dan menyenangkan. Program SBO dapat dikatakan berhasil, namun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi demi kemajuan program pengembangan minat dan bakat peserta didik SMA Negeri 1 Seyegan. Hal ini dilaksanakan dengan harapan semua minat bakat peserta didik dapat terfasilitasi dengan baik.

Secara umum, penyelenggaraan program keberbakatan SBO SMA Negeri 1 Seyegan Tahun Pelajaran 2022/2023 melibatkan semua Tim Satgas sesuai dengan tugas masing-masing. Besar harapan kami, kegiatan evaluasi dan tindak lanjut dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di SMA Negeri 1 Seyegan dan di Indonesia pada umumnya. Pendidikan sebagai aset bangsa sudah selayaknya mendapat perhatian dan diutamakan oleh semua pihak. Hal ini dikarenakan investasi di bidang ilmu pengetahuan, soft skill, maupun hard skill akan membawa kemajuan bangsa. Hal tersebut dapat tercapai melalui pengembangan minat dan bakat peserta didik.

Tak lupa diucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu keterlaksanaan program kegiatan keberbakatan Sains, Budaya dan Olahraga (SBO) SMA Negeri 1 Seyegan ini. Semoga laporan evaluasi dan tindak lanjut kegiatan ini bermanfaat dan dapat digunakan sebagai acuan pada penyelenggaraan kegiatan-kegiatan serupa pada masa yang akan datang. (kun)