Peringatan hari kemerdekaan RI merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh OSIS BHISMA dan menjadi kegiatan  tahunan yang dilaksanakan pada bulan Agustus. pada tahun ini, lomba kemerdekaan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Agustus 2023 yang diikuti oleh seluruh warga SMA N 1 Seyegan. kegiatan ini juga dikunjungi oleh iBox Indonesia. iBox Indonesia ikut berpartisipasi dan mengadakan lomba poster digital yang diikuti oleh perwakilan siswa siswi SMA N 1 Seyegan. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi seluruh warga sekolah karena mengingatkan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekakan Indonesia.

Pada hari pertama tanggal 14 Agustus 2023 dilaksanakan berbagai perlombaan yang diadakan oleh OSIS BHISMA adapun lomba yang diselenggarakan diantaranya lomba estafet, puisi berbahasa Inggris, dan senam. Kegiatan perlombaan di hari pertama ini mampu menarik perhatian seluruh warga sekolah untuk mengikuti lomba 17an mulai dari siswa hingga guru dan karyawan untuk mengikuti perlombaan  dan dilanjutkan pada hari kedua tanggal 15 Agustus 2023 dengan berbagai lomba yaitu final estafet, fashion show, tarik tambang dan poster digital yang diselenggarakan oleh iBox Indonesia dan lomba voli yang diikuti oleh bapak ibu guru dan karyawan SMA N 1 Seyegan. Tak kalah seru seperti hari pertama, dihari kedua ini juga banyak sekali keseruan seperti keseruan di fashion show saat setiap kelas menampilkan perwakilannya mereka mendapat respon yang baik dari penonton.

 Lomba memperingati HUT RI yang ke 78  ini merupakan wujud nyata dalam mengenang semangat mencetak generasi yang berkualitas serta sebagai suatu langkah yang ditujukan kepada masyarakat luas untuk mengapresiasi kinerja yang dilakukan SMA Negeri 1 Seyegan.